Koarmada II Gerakkan Tiga Kapal, Bantu Evakuasi Korban KMP Lestari Maju

Koarmada II Gerakkan Tiga Kapal, Bantu Evakuasi Korban KMP Lestari Maju Salah satu kapal yang digerakkan untuk membantu evakuasi korban KMP Lestari Maju.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jajaran yaitu Lantamal VI Makassar bertindak cepat melaksanakan koordinasi dengan Staf Operasi (Sops) dan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) untuk menggerakkan KRI terdekat di antaranya KRI Madidihang-855 dan KAL Sulupari.

Kapal Motor Penumpang (KMP) Lestari Maju yang dinahkodai Agus Susanto mengalami kecelakaan akibat adanya kebocoran di lambung kiri kapal. Selanjutnya pada pukul 13.40 WITA mengalami masalah (air masuk ke Dek lantai bawah) saat di tengah laut sehingga Kapal Motor Penumpang (KMP) Lestari Maju merapat ke pantai Pabbadilan desa Bungaya Kecamatan. Bontomatene Kabupaten Kepulauan. Selayar, kapal dikandaskan jarak 1 Nm dari Darat.

Baca Juga: Targetkan Capai 70 Persen, Pangkoarmada II Gelar Serbuan Vaksin di Ngawi 30 Ribu Dosis

KRI Madidihang yang sedang melaksanakan operasi pengamanan VIP langsung bergerak dari Pare-Pare ke Selayar kurang lebih 7 jam, Posmat TNI AL Selayar dan Posmat Bulukumba beserta kapal Basarnas KM. Antasena dan instansi maritim setempat berhasil mengevakuasi sekitar 108 penumpang KMP Lestari Maju yang tenggelam dan kandas di perairan Selayar, Sulsel.

Selain itu, KAL Suluh Pari I.6-60 dan Sea Rider, serta dua tim Marinir dari Lantamal VI bertolak DWA 16.39 dari Dermaga Mako Lantamal VI juga membantu melakukan pencarian korban meninggal dunia dari data terakhir berjumlah 29 orang dari 139 penumpang. Korban yang meninggal umumnya karena panik dan melompat ke laut tanpa mengenakan swim vest atau pelampung yang diketahui saat itu ombak cukup besar.

Selanjutnya korban selamat, saat ini sebanyak 17 orang dirawat di RSU KH Hayyung, Selayar. Kemudian 32 lainnya dirawat di Puskesmas Batangmata dan sisanya 35 orang di Puskesmas Parangia. (*)

Baca Juga: 3.000 Warga Blitar Mendapatkan Telur Gratis Usai Mengikuti Vaksinasi

Sumber: Dispen Koarmada II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO