Dankolat Koarmada II Briefing Peserta Latihan Jungle and Survival

Dankolat Koarmada II Briefing Peserta Latihan Jungle and Survival

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komandan Komando Latihan (Dankolat) , Kolonel Laut (P) Kisdiyanto di hari pertama Latihan Jungle and Survival Prajurit KRI TA. 2018, memberikan briefing kepada peserta latihan dari satuan kapal jajaran , bertempat di Gedung Mandalika , Ujung Surabaya, Senin (09/07/2018).

Dankolat sebagai Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) menyampaikan bahwa, latihan jungle and survival Prajurit KRI berlangsung mulai tanggal 9 s.d. 24 Juli 2018. Latihan ini diikuti sebanyak 184 personel dari enam satuan kapal dan 1 KRI. Adapun rangkaian latihan diawali dengan pembekalan teori dan diskusi, latihan kering/drill, gladi lapangan tahap darat, gladi lapangan tahap laut dan evaluasi.

Baca Juga: Targetkan Capai 70 Persen, Pangkoarmada II Gelar Serbuan Vaksin di Ngawi 30 Ribu Dosis

"Latihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan awak KRI dalam melaksanakan survival di laut dan di darat maupun pada kondisi cuaca yang ekstrem. Sedangkan sasaran latihan kali ini adalah tercapainya kemampuan dan ketrampilan Prajurit KRI dalam melaksanakan survival di laut dan darat, memberikan pemahaman tentang teknik dan prosedur penggunaan alat keselamatan bagi prajurit KRI ," terangnya.

"Latihan ini juga akan membentuk pola pikir dan pola tindak yang sama bagi seluruh peserta dalam melaksanakan latihan survival di laut dan di darat/hutan sekalipun menghadapi kondisi cuaca yang ekstrim, serta teruji dan terlaksananya evaluasi buku-buku petunjuk tentang survival di lingkungan TNI Angkatan Laut sesuai dengan perkembangan teknologi."

Kolonel Laut (P) Kisdiyanto juga menyampaikan materi latihan yang akan disampaikan para instruktur baik dari Kolat , Diskes maupun Kopaska di antaranya yaitu, prosedur emergency di KRI, alat keselamatan di KRI, medical first responder, peran peninggalan di kapal, teknik menggunakan perahu karet, Search and Rescue terhadap kecelakaan kapal, teknik Sea Survival, pertolongan permukaan dan dalam air.

Baca Juga: 3.000 Warga Blitar Mendapatkan Telur Gratis Usai Mengikuti Vaksinasi

Selain itu, para peserta jungle and survival akan me-refresh pengenalan peralatan penyelamatan di laut, penggunaan isyarat pencarian dan pertolongan, teknik terjun ke laut dan menarik korban di permukaan laut teknik jungle survival, navigasi darat, mencari air, membuat api, membuat bivak, melempar kapak atau sangkur, dan beberapa kegiatan lainnya.

Hadir dalam acara tersebut, para Perwira Staf Kolat , tim penilai dan perwakilan Mabesal sebagai peninjau latihan. (*)

Sumber: Dispen Koarmada II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO