Partai Gerindra Pacitan Pemilik Saldo Rekening Dana Kampanye Tertinggi

Partai Gerindra Pacitan Pemilik Saldo Rekening Dana Kampanye Tertinggi Berty Stevanus, Ketua Bawaslu Pacitan. (Yuniardi Sutondo/BO).

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Bawaslu Pacitan menyatakan tahapan pelaporan rekening khusus dana kampanye (RKDK) dan laporan awal dana kampanye (LADK) sebanyak 13 parpol peserta pemilu di Pacitan clear, tidak ada masalah. Bahkan dua parpol yang tidak mengusung caleg juga ikut melaporkan. Kedua parpol tersebut seperti PKPI dan PSI.

"Sedangkan satu parpol, yaitu Garuda tidak melaporkan RKDK maupun LADK karena memang parpol tersebut tidak mengusung caleg sama sekali," ujar Berty Stevanus, Ketua Bawaslu Pacitan, Senin (1/10).

Menurut Berty, seharusnya tiga parpol tersebut tak perlu menyampaikan RKDK maupun LADK ke KPU. Sebab ketiganya memang tidak mengusung caleg. "Namun karena diminta sama KPU, Bawaslu juga memberikan apresiasi sebagai bentuk ketaatan aturan dan disiplin masing-masing parpol," jelasnya.

Sementara itu dari 13 parpol peserta pemilu di Pacitan yang telah melengkapi RKDK maupun LADK, Partai Gerindra yang memiliki saldo rekening terbesar dengan nominal Rp 380.340.000. Urutan kedua, yaitu PKS dengan besaran saldo rekening Rp 216.880.000 dan urutan ketiga PDIP dengan saldo rekening sebesar Rp 975.019. Dan paling buncit yaitu Partai Hanura dengan nol rupiah. "Parpol yang lain rata-rata hanya kisaran Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu," pungkas Berty. (yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO