Selalu Gagal, Bupati Gresik Desak ULP Lelang Kilat Pengadaan Kain Seragam Gratis untuk Siswa

Selalu Gagal, Bupati Gresik Desak ULP Lelang Kilat Pengadaan Kain Seragam Gratis untuk Siswa Bupati Sambari HR saat berikan jawaban PU Fraksi terkait pengadaan kain seragam gratis. Foto: SYUHUD A/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyikapi serius kembali molornya lelang pengadaan seragam gratis bagi siswa SDN dan SMPN di Kabupaten Gresik. Hingga saat ini, siswa belum juga menerima kain tersebut. Padahal, saat ini sudah menginjak bulan November yang artinya tinggal 1,5 bulan lagi tutup tahun anggaran.

Terkait hal ini, Bupati Sambari telah meminta Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk melakukan lelang kilat. Hal ini diungkapkan Bupati saat memberikan jawaban terhadap Pandangan Umum (PU) Fraksi terhadap RAPBD tahun 2019, dalam rapat paripurna di gedung DPRD Gresik, Kamis (22/11/2018) lalu.

Menurut Bupati, lelang kilat pengadaan kain seragam ini dilakukan karena 2 kali lelang yang dilakukan ULP selalu gagal. Artinya, dua kali ULP membuka lelang belum mendapatkan pemenang.

Karena itu, kata Bupati, dirinya langsung melakukan tindakan cepat dengan mengumpulkan ULP dan Inspektorat untuk menyikapi pengadaan seragam siswa gratis dengan jeda waktu kurang dari 2 bulan. 

"Saya telah meminta ULP dan Inspektorat mencari payung hukum. Saya kasih tenggat waktu hingga 30 November lelang kilat kain seragam gratis sudah ada kabar," pungkasnya.

Sekadar informasi, pengadaan kain seragam gratis bagi siswa SDN dan SMPN kurang mampu di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, menjadi atensi khusus Komisi IV DPRD setempat. Komisi IV telah berkali-kali memanggil Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Mahin dan Kabag ULP, Oedi Margiantonius untuk membahas hal ini.

Sebab, pengadaan seragam gratis tak kunjung terwujud hingga bulan Agustus lalu. Padahal, pada Juli 2018, para siswa baru mata pelajaran 2018/2019 sudah mulai masuk sekolah. "Komisi IV minta pertanggungjawaban Kadispendik yang menjanjikan kalau bulan Juli pengadaan seragam gratis sudah beres dan dibagikan. Namun, faktanya hingga bulan Agustus lelang saja belum beres," ujar Ketua Komisi IV DPRD Gresik, Khoirul Huda kepada BANGSAONLINE.com kala itu. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO