Wawali Pasuruan Buka GSI dan O2SN 2019 Tingkat SMP

Wawali Pasuruan Buka GSI dan O2SN 2019 Tingkat SMP Wawali Pasuruan saat melakukan kick off.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Senin (8/4), menggelar Gala Siswa Indonesia (GSI) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SMP Kota Pasuruan Tahun 2019 di Lapangan Yon Zipur 10 Pasuruan.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Pasuruan didampingi Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Komandan Yon Zipur 10 Pasuruan, Ketua KONI, Ketua PSSI Kota Pasuruan, Pengawas SD dan SMP, Kepala Sekolah SD dan SMP, peserta lomba serta undangan lain.

Baca Juga: Pjs Wali Kota Pasuruan Hadiri Kirab Maskot Pilkada 2024

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, ST mengatakan bahwa sekolah dapat memfasilitasi siswanya untuk mengembangkan cabang olahraga yang diminati siswa.

"Baik dalam pembelajaran di kelas, kegiatan ekstra kurikuler maupun kegiatan lomba. Semoga kegiatan ini menjadi salah satu awal bagi terbentuknya tunas-tunas bangsa yang berpotensi,“ kata Teno.

Baca Juga: Lilik Pujiastuti Dilantik Sebagai Penjabat Sementara Wali Kota Pasuruan

Sementara menurut Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan Ir. Siti Zuniati, M.M., tujuan dari GSI dan O2SN adalah meningkatkan mutu pendidikan, khususnya bidang olahraga yang berasaskan pendidikan karakter.

Adapun peserta lomba gala siswa Indonesia diikuti oleh 13 sekolah, sedangkan olimpiade olahraga siswa nasional diikuti oleh 29 sekolah.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menunjang pengembangan pendidikan karakter peserta didik. Peran guru pendidikan jasmani dan kesehatan (Penjaskes) sangat penting dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat," tuturnya.

Baca Juga: Pesan Plt Wali Kota Pasuruan saat Hadiri Sholawatan di Peringatan Hari Kejaksaan RI ke-79

Seusai sambutan, Wawali Pasuruan melakukan kick off, tanda dimulainya pertandingan sepak bola antara Tim SMPN 4 Kota Pasuruan melawan Tim SMPN 8 Kota Pasuruan.

Perlu diketahui, selain gala siswa Indonesia, cabang olahraga yang dilombakan pada olimpiade olahraga siswa nasional adalah atletik, renang, bulutangkis, pencak silat, dan karate. Juri/wasit terdiri dari unsur PSSI, FORKI, IPSI, dan Guru Penjaskes.

Gala siswa Indonesia dilaksanakan mulai tanggal 8 April sampai dengan tanggal 13 April 2019, bertempat di lapangan Yon Zipur 10 Pasuruan. Sedangkan untuk olimpiade olahraga siswa nasional dilaksanakan mulai tanggal 12 April sampai dengan tanggal 16 April 2019 bertempat di GOR Untung Suropati, Stadion Luar Untung Suropati, GOR Darmojoedo dan Kolam Renang Pondok Surya Kencana (PSK).

Baca Juga: Silaturahmi ​Pemkot Pasuruan dengan Tomas dan Ormas, Adi Wibowo Bersyukur karena Hal ini

Pada kegiatan ini akan ditentukan pemenang 1, 2, dan 3 yang akan mendapat hadiah dan piagam penghargaan serta pemenang 1 akan mewakili Kota Pasuruan pada lomba tingkat Provinsi Jawa Timur. (ard/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO