Dalam Transparansi Susun Kabinet, SBY Lebih Baik Ketimbang Jokowi

Dalam Transparansi Susun Kabinet, SBY Lebih Baik Ketimbang Jokowi Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo usai pertemuan empat mata di Bali. Foto: kompas

JAKARTA(BangsaOnline) Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai, pembentukan kabinet pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono lebih baik dibanding presiden terpilih Joko Widodo (). Pada era SBY, pembentukan postur kabinet dianggap lebih transparan dan terbuka.

" masih kalah membangun postur kabinetnya dibanding SBY. Kalahnya itu ada di proses," ujar peneliti ICW, Donal Fariz, dalam konferensi pers bertema "Jangan Pilih Anggota Kabinet Bermasalah", di Kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (17/10/2014).

Donal mengatakan, pada saat membentuk postur kabinetnya, SBY secara terbuka memanggil para calon menterinya ke kediamannya di Cikeas, Bogor. SBY, kata dia, ingin menunjukkan bahwa pembentukan kabinetnya dilakukan secara transparan dan akuntabel. 

Sementara itu, , lanjut dia, hingga saat ini tidak melakukan hal yang serupa dengan SBY. terkesan melakukan "operasi senyap" dalam pembentukan postur menterinya. Padahal, pada saat kampanye, berjanji untuk melakukan seleksi menteri secara terbuka dan partisipatif.

" berjanji transparansi, tapi sampai sekarang belum dilakukan. Kami mau ingatkan untuk menunjukkan janji tersebut," ucap Donal.

Sumber: kompas.com

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO