​Semen Indonesia dan PWI Tuban Komitmen Optimalkan Website Desa

​Semen Indonesia dan PWI Tuban Komitmen Optimalkan Website Desa PT Semen Indonesia (Persero) Tbk - Pabrik Tuban bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban menggelar Pelatihan Penulisan Pemberitaan kepada Operator Website Desa di Gedung DPRD Kabupaten Tuban, Senin (16/12).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - (Persero) Tbk - Pabrik Tuban bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban berkomitmen mengoptimalkan website desa.

Hal itu diwujudkan dengan menggelar Pelatihan Penulisan Pemberitaan kepada Operator Website Desa di Gedung DPRD Kabupaten Tuban, Senin (16/12).

Baca Juga: Majukan UMKM Binaan, SIG Pabrik Tuban Ajak Kolaborasi Anak Usaha

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari itu menyasar operator website desa yang berada di sekitar perusahaan.

Selain memberikan pemahaman tentang bagaimana fungsi dan kegunaan website desa, juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam membuat, mengolah, mengelola, menyalurkan, dan mendistribusikan informasi melalui website dengan tepat dan menarik. Bahkan, bisa menyajikan informasi berita desa dengan baik dan benar.

"Ini adalah bagian dari usaha Semen Indonesia bersama awak media di Tuban untuk memberikan edukasi kepada perangkat desa yang menjadi operator website desa. Selain bisa menjalankan operasional pelayanan juga bisa memberikan informasi di desa," ujar Ketua PWI Tuban, Pipit Wibawanto.

Baca Juga: Tujuh Rumah tak Layak Huni di Tuban Direnovasi UPZ SIG

Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda saat dikonfirmasi memberikan apresiasi yang luar biasa akan agenda rencana yang dilakukan jurnalis Tuban dan stakeholder dalam hal ini Semen Indonesia. Sebab dewasa ini, masih banyak perangkat desa yang awam tentang apa manfaat dan kegunaan website desa. Sehingga melalui ini, mampu membantu tujuan konsep keterbukaan informasi desa.

“Kita dorong dan kita bantu agar semua desa merasakan pelatihan ini. Sebab penting sekali ini. Kalau Informasi di desa itu bisa berjalan dengan baik, maka kinerja desa dan pemerintah, atau perusahaan bisa di cover dengan baik,” jelas bupati.

Senior Manager of Public Relation & AMP, CSR Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo berharap website desa bisa dioptimalkan lagi. Bukan hanya sebagai sumber berita atau informasi data desa saja. Namun, bisa juga digunakan sebagai sarana promosi potensi yang ada di desa.

Baca Juga: SIG Pamerkan Aplikasi Semen Hijau dan Solusi Beton Berkelanjutan di IKN

“Jika desa mempunyai wisata maupun produk unggulan juga bisa dipromosikan melalui website ini,” ungkapnya. Selain itu, lanjut Setiawan, website desa juga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi antara pemerintah desa dengan warga.

“Misalnya, di dalam website tersebut diberikan kolom saran dari masyarakat untuk pemdes. Bisa juga di dalam website itu diberi form-form administrasi kependudukan. Jadi website desa itu sangat banyak manfaatnya. Untuk itu mari kita optimalkan website desa ini,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Tuban H. Miyadi, mengapresiasi kegiatan tersebut karena dinilai mampu meningkatkan kemajuan desa dalam optimalisasi website. Ia pun meminta agar para desa terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman di era Industrialisasi 4.0

Baca Juga: Baznas Tuban Terima Dana Zakat dari UPZ SIG Pabrik Tuban Rp2,2 Miliar

“Kita minta agar desa terus berinovasi, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO