PWI Jatim Jalin Kerja Sama dengan Unej untuk Buka Peluang Wartawan Tempuh Magister

PWI Jatim Jalin Kerja Sama dengan Unej untuk Buka Peluang Wartawan Tempuh Magister Rektor Unej, Moh. Hasan foto bersama pengurus PWI Jatim, PWI Jember, dan Staf Humas Unej usai penandatanganan MoU, Selasa (18/12/2019).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur menjalin kerja sama dengan Universitas Negeri Jember (). Para wartawan di Jember dan sekitarnya bisa melanjutkan studi Magister atau S-2 dengan memilih satu dari 22 pilihan program studi yang disediakan.

Bertempat di ruang Rektor Universitas Jember, Selasa (17/12/2019), Memorandum of Understanding (naskah kesepahaman) mengenai peningkatan kapasitas wartawan itu diteken kedua belah pihak, yakni Rektor Universitas Jember Moh. Hasan dan Ketua PWI Jawa Timur Ainur Rohim.

Baca Juga: Polda Jatim Gelar Sarasehan Media Jelang Pilkada 2024

Ikut hadir menyaksikan penandatanganan MOU tersebut, Wakil Ketua PWI Jatim Bidang Pendidikan Abdurrahman Ubaidah, Bendahara Teguh Lulus Rahmadi, Staf Sekretariat Yuwono Hadiningrat, serta para pengurus PWI Cabang Jember. Sementara Rektor Universitas Jember didampingi Kepala Humas dan Protokol, Agung Purwanto beserta staf.

Dalam kesempatan itu, Rektor Universitas Jember Moh Hasan memberikan apresiasi atas kerja sama dengan PWI Jawa Timur tersebut. Menurut rektor, media massa adalah mitra strategis dalam pengembangan Kampus , khususnya dalam menyebarluaskan penelitian, inovasi dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sudah dilaksanakan oleh .

“Menjalin kemitraan dengan media massa menjadi kewajiban bagi kami. Sebab, Universitas Jember secara geografis tidak berada di pusat pemerintahan sehingga perlu strategi branding yang cocok pula,” kata Moh. Hasan.

Baca Juga: HUT Pertama, SMSI Surabaya Gelar Talkshow

Khusus kerja sama dengan PWI Jawa Timur ini, Moh. Hasan menjelaskan, bahwa Universitas Jember memiliki dua skema beasiswa S-2 yang dapat dipakai. Pertama beasiswa yang meliputi bantuan biaya kuliah dan biaya hidup, sedangkan kedua beasiswa yang hanya menanggung biaya kuliah saja.

“Ada 22 program studi magister di Universitas Jember yang bisa dipilih. Kawan-kawan wartawan bisa memilih sesuai latar belakang pendidikan sebelumnya atau memilih sesuai kebutuhan. Tentu saja nanti calon mahasiswa S-2 tetap harus mengikuti koridor aturan yang ada,” demikian Hasan.

Sementara itu Ketua PWI Jatim Ainur Rohim menyatakan, Universitas Jember menjadi perguruan tinggi keempat yang menjalin kerja sama dengan PWI Jawa Timur dalam rangka meningkatkan kapasitas anggotanya. "Sebelumnya PWI Jawa Timur telah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di Surabaya. Meliputi Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Dr. Soetomo," ungkap Ainur Rohim.

Baca Juga: Tingkatkan SDM Wartawan, PWI Lamongan Gelar OKK

“Dengan adanya kerja sama dengan Universitas Jember, wartawan di Jember dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh studi S2 di Surabaya. Apalagi tugas-tugas keseharian sebagai wartawan sudah cukup menguras tenaga dan pikiran,” tambah Air - sapaan Ainur Rohim.

Program peningkatan kapasitas wartawan, lanjut ketua PWI Jatim ini, menjadi salah satu program yang dijalankan PWI Jawa Timur dalam menghadapi era saat dimana platform media massa lebih bervariasi. Untuk itu, PWI Jawa Timur menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti pelatihan, Uji Kompetensi Wartawan dan kegiatan lain dalam rangka meningkatkan SDM wartawan di Jawa Timur.

Pemilihan Universitas Jember sebagai mitra kerja sama, sebur Ainur Rohim, juga tidak lepas dari eksistensi PWI Cabang Jember yang juga aktif melakukan berbagai kegiatan. "Sekarang tinggal bagaimana kawan-kawan wartawan PWI Cabang Jember dan sekitarnya dapat mengelola waktu agar bisa menyelesaikan studi,” terangnya. (yud/dur)

Baca Juga: Ketua PWI Jatim Sebut UKW Jadikan Kehidupan Pers Lebih Baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO