Usung Gus Muhdlor-Subandi, PKB Target Raih 75 Persen Suara di Pilbup Sidoarjo 2020

Usung Gus Muhdlor-Subandi, PKB Target Raih 75 Persen Suara di Pilbup Sidoarjo 2020 RESMI: Penyerahan rekomendasi DPP PKB kepada Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor)-Subandi, di Kantor DPC PKB Sidoarjo, Minggu (6/9). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi memberikan rekomendasi kepada Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor)-Subandi sebagai pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) di Pilbup Sidoarjo 2020. PKB menargetkan pasangan calon (paslon) tersebut meraih kemenangan dengan meraup 75 persen suara.

Surat rekomendasi DPP PKB bernomor 4055/DPP/01/IX/2020 itu diserahkan oleh Wakil Ketua DPW PKB Jatim, Anik Maslachah kepada Gus Muhdlor-Subandi dalam sebuah acara sederhana di Kantor DPC , Perum Puri Erlangga, Minggu (6/9) pukul 10.00 WIB. Dan rencananya, bakal mendaftarkan paslon Gus Muhdlor-Subandi ke KPU Sidoarjo, Minggu (6/9) pukul 18.00 WIB.

Usai prosesi penyerahan rekomendasi, Anik Maslachah mengatakan, sebelumnya ada tiga paslon yang diusulkan ke DPP PKB. Yang bagi DPP PKB, sama-sama memiliki kualifikasi baik dari elektabilitas dan lainnya sehingga menjadikan diskusi di Desk Pilkada DPP PKB menjadi dinamis.

"Dan ini menjadi faktor debat dan turunnya (rekomendasi) injury time," cetus Anik saat penyerahan rekomendasi PKB kepada Gus Muhdlor-Subandi.

Anik lalu menyebut sejumlah variabel yang menjadi alasan kenapa akhirnya rekomendasi diberikan kepada Gus Muhdlor-Subandi. Pertama, dari beberapa hasil survei termasuk survei internal PKB, Gus Muhdlor-Subandi ini tertinggi tidak hanya internal PKB, tetapi dengan calon partai yang sudah mendaftar, range (jarak atau kisaran nilai)-nya sangat tinggi sekali. "Karena kunci menang adalah pijakan secara analitiknya adalah hasil survei," beber Anik.

Alasan yang kedua, Sidoarjo basis kekuatannya kultur NU itu kuat. Maka pihaknya ingin menjaga eksistensi itu dengan kombinasi paslon berlatar belakang kultural dan struktural. Diketahui Gus Muhdlor, putra Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat, KH Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali). Gus Muhdlor menjabat Direktur Pendidikan Pesantren Bumi Sholawat. Sedangkan Subandi, anggota Fraksi PKB DPRD Sidoarjo yang menjabat Ketua Komisi A.

Dijelaskan Anik, alasan yang ketiga memilih Gus Muhdlor-Subandi, keduanya adalah anak muda. Pihaknya meyakini bahwa hari ini kaum milenial menjadi ikon untuk membangun bangsa. Maka setidaknya, di bawah kepemimpinan paslon ini, akan ada perubahan, namun retap tetap menjaga eksistensi kultural yang menjadi karakteristik Sidoarjo. "Kami yakin dua orang ini mampu mewujudkan itu," jlentreh Anik yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

Ditanya soal target perolehan suara, Anik menyatakan paslon Gus Muhdlor-Subandi bisa meraup 75 persen suara. Alasannya, latar belakang Gus Muhdlor yang kader NU dan pondok pesantren, di mana Sidoarjo banyak berdiri pondok pesantren dan kulturnya religius. Sedangkan Subandi, mantan kepala desa (kades) yang saat ini menjabat Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo, yang tentunya memahami terkait birokrasi-pemerintahan, desa dan hukum. "Ini kombinasi yang klop," tegas Anik.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO