Wadahi Potensi Pemuda, Gus Muhdlor Ajak Milenial Berkontribusi Bangun Sidoarjo

Wadahi Potensi Pemuda, Gus Muhdlor Ajak Milenial Berkontribusi Bangun Sidoarjo PEDULI MILENIAL: Gus Muhdlor menghadiri pembukaan Griya Milenial Sidoarjo, di Desa Sarirogo Sidoarjo, Minggu (4/10) malam. foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Cabup Sidoarjo 2020 Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) mengajak milenial ikut berkiprah membangun Kabupaten Sidoarjo. Gus Muhdlor menilai pemuda adalah lokomotif perubahan dan kemajuan suatu daerah.

Hal itu disampaikan Gus Muhdlor saat menghadiri pembukaan Griya Milenial Sidoarjo (GMS), di Jalan Raya Luwung Desa Sarirogo Kecamatan Sidoarjo, Minggu (4/10) malam.

Baca Juga: KPU Sidoarjo Tetapkan Gus Muhdlor - Subandi Sebagai Bupati dan Wabup Terpilih

Cabup yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengapresiasi sejumlah komunitas pemuda yang menginisiasi berdirinya GMS. "Ini adalah gerak langkah maju dan jaminan Sidoarjo ke depan menjadi daerah lebih unggul di Indonesia," cetus Gus Muhdlor.

Alumnus Unair Surabaya ini memahami betapa pemuda memiliki potensi-potensi yang harus diwadahi. "Tanpa pemuda, tidak berarti apa-apa. Pemuda adalah lokomotif perubahan. Pemuda adalah lokomotif kemajuan suatu daerah," tegas CEO Sidoresik ini.

Kata Gus Muhdlor, dengan berkumpulnya para pemuda di Griya Milenial Sidoarjo (GMS) ini, para milenial bisa berdiskusi dan membahas beragam problem di Sidoarjo dan memunculkan solusi-solusi out of the box. Dia menyatakan bakal melibatkan para milenial dalam kebijakan membangun Sidoarjo.

Baca Juga: Ajak Semua Paslon Bersama Bangun Sidoarjo, Gus Muhdlor-Subandi Beber Program 100 Hari Kerja

Dalam acara peresmian GMS yang dikemas dalam dialog interaktif ini, Gus Muhdlor juga bercerita beberapa kabupaten yang mengalami kemajuan, dipimpin oleh bupati yang berusia muda. Selain itu, bupati daerah tersebut memberikan porsi kepada pemuda untuk terlibat dalam proses pembangunan daerah tersebut.

Gus Muhdlor juga menyinggung salah satu programnya yang mewadahi potensi anak-anak muda. Yakni bakal membangun Youth Center. "Kita ingin anak muda itu punya suatu tempat, untuk ekspresikan diri, wadah pelatihan sekaligus Job Center," kata Cabup yang berpasangan dengan Cawabup Subandi ini.

Di depan puluhan pemuda dari berbagai komunitas pemuda itu, Gus Muhdlor juga menyampaikan program "10 Ribu Beasiswa Kuliah". Itu disampaikan Gus Muhdlor menjawab pertanyaan salah satu pemuda terkait komitmen Gus Muhdlor memajukan bidang pendidikan di Sidoarjo.

Baca Juga: Rekapitulasi KPU, Gus Muhdlor-Subandi Menangi Pilbup Sidoarjo, Saksi BHS-Taufiq Tolak TTD BA

Beasiswa itu di antaranya akan diberikan untuk lulusan SMA yang berprestasi. Selain untuk beasiswa kuliah di perguruan tinggi di dalam negeri, juga di luar negeri. "Sehingga begitu lulus, lima tahun ke depan, kembali ke Sidoarjo, ikut membangun Sidoarjo," urai alumnus SMAN 4 Sidoarjo ini.

Gus Muhdlor mendorong para pemuda Sidoarjo untuk lebih banyak dan sering menggelar forum diskusi dan dialog. Di mana forum itu bebas sharing apa saja, utamanya terkait persoalan-persoalan di Sidoarjo.

"Yang jelas, sing isok gawe perubahan itu cuma anak muda," tandasnya memotivasi para pemuda yang hadir di acara peresmian GMS tersebut.

Baca Juga: Polresta Sidoarjo Tekankan Enam Poin Suksesnya Pilkades Serentak 2020

(POLLING PILKADA SIDOARJO: Ayo Vote Cabup-Cawabup Pilihanmu)

Sementara itu, inisiator Gerakan Milenial Sidoarjo, Haedar Wahyu mengatakan kegiatan kali ini dalam rangka anak muda berkonsolidasi, di mana anak muda itu butuh pemimpin putra daerah, karena putra daerah yang tahu potensi dan kebutuhan daerahnya sendiri.

"Dan Gus Muhdlor punya harapan bagaimana anak muda itu kreatif, inovatif, dan berjejaring," cetus Haedar.

Baca Juga: Usai Pilkada 2020, Pj Bupati Hudiyono Ajak PWI Sidoarjo Ikut Kawal Pilkades Serentak

Kata Haedar, anak muda butuh dipimpin oleh orang muda karena pikirannya out of the box, pikirannya maju, dan mampu mensinergikan dan mengumpulkan ide anak muda itu sendiri.

Haedar Wahyu menilai sosok Gus Muhdlor cukup baik menjadi fasilitator untuk menghimpun ide-ide anak muda, termasuk kebutuhan beasiswa, memfasilitasi kreativitas anak muda melalui Youth Center.

"Kami berharap Gus Muhdlor mengakomodasi kepentingan milenial, termasuk dilibatkan kelak dalam pemerintahan di Sidoarjo," tandas Haedar yang juga aktivis mahasiswa di Sidoarjo ini. (sta/rev)

Baca Juga: ​Pendiri Relawan Wong Cilik Bersatu Kedungbocok Sidoarjo Ajak Warga Sukseskan Pilkades

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO