Penguatan Ekonomi Keluarga, Gus Muhdlor-Subandi Siapkan Bantuan bagi UMKM Perempuan

Penguatan Ekonomi Keluarga, Gus Muhdlor-Subandi Siapkan Bantuan bagi UMKM Perempuan INOVATIF: Kader Muslimat Sidokumpul Sidoarjo menunjukkan Kartu Kurma, belum lama ini. foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Sidoarjo 2020, Ahmad Muhdlor Ali ()-Subandi mempunyai program khusus untuk pemberdayaan UMKM perempuan.

Yakni Program Kartu Usaha Perempuan Mandiri (Kurma), salah satu dari 17 Program Kerja Sidoarjo MAS ini, sebagai upaya penguatan ketahanan ekonomi keluarga.

Baca Juga: Jalani Sidang Perdana, Begini Dakwaan Jaksa KPK ke Bupati Sidoarjo Nonaktif

Kata , pelaku usaha yang sudah terdaftar menjadi anggota program Kurma, bakal mendapatkan banyak fasilitas. Ada bantuan permodalan, pelatihan manajemen bisnis dan keuangan, pelatihan dan pendampingan pemasaran digital, sampai pendampingan sertifikasi untuk berbagai jenis usaha.

"Pemegang Kartu Kurma nantinya akan mendapat bantuan modal bersubsidi yang besarnya bervariasi," cetus putra Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo, KH Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali) ini, Jumat (16/10).

Bantuan modal yang disiapkan, kata , antara Rp 5 juta hingga Rp 50 juta untuk setiap usaha. Besarnya disesuaikan skala usaha pemegang kartu Kurma.

Baca Juga: Sidang Kasus Pemotongan Insentif ASN di BPPD Sidoarjo: Majelis Hakim Hadirkan Gus Muhdlor

(DAPAT APRESIASI: Saat bertemu Cawabup Subandi, ibu-ibu di Kecamatan Wonoayu merespons positif Program Kurma) 

Pemegang kartu juga mendapatkan pelatihan manajemen bisnis dan keuangan. Seperti pelatihan mengatur keuangan sehingga modal yang didapat bisa dimaksimalkan dan bisa digulirkan untuk mengembangkan usahanya.

Baca Juga: Penasihat Hukum Terdakwa Kasus Korupsi BPPD Sidoarjo Minta KPK Buka Blokir Rekening Suami dan Anak

Selain itu, juga bakal dapat pendampingan dan pelatihan pemasaran. Termasuk pemasaran digital, marketplace, pengemasan, dan lainnya. "Untuk sertifikasi jenis usaha kita juga prioritaskan," beber alumnus FISIP Unair ini.

Pemerintah daerah akan memberikan fasilitas sertifikasi seperti PIRT, sertifikasi Halal, atau sertifikasi BPOM, dan sebagainya sesuai kebutuhan atau sesuai bidang usaha pemegang kartu.

Program tersebut disambut baik oleh sejumlah warga Sidoarjo. Salah satu kader penggerak perempuan di Kecamatan Taman, Eni Kurniati mengakui Kurma menjadi salah satu program terbaik.

Baca Juga: Rombongan Pendemo Bupati Sidoarjo di Gedung KPK Alami Kecelakaan di Tol Madiun, Satu Meninggal Dunia

"Kurma ini bakal mampu memberikan jawaban atas keadaan ekonomi warga yang terpuruk. Karena dengan itu (Kartu Kurma), perempuan akan menjadi penggerak ekonomi di keluarga. Jadi partner suami untuk membangkitkan ekonomi," kata Eni belum lama ini. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO