Dirut Petrokimia Gresik Dinobatkan The Best CEO di GRC & Performance Excellence Award 2021

Dirut Petrokimia Gresik Dinobatkan The Best CEO di GRC & Performance Excellence Award 2021 Direktur Keuangan & Umum Petrokimia Gresik Budi Wahju Soesilo, mewakili Dirut Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo, saat menerima penghargaan. foto ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com, perusahaan solusi agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia terus meningkatkan komitmennya dalam menerapkan Tata Kelola Perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG), Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan dengan optimal.

Ketiganya sejalan dengan tata nilai Akhlak untuk mendukung mewujudkan visi dan misi perusahaan. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama , Dwi Satriyo Annurogo, Minggu (8/8/2021).

Baca Juga: Menperin RI Apresiasi 2 Rintek Petrokimia Gresik

Komitmen dan implementasi tersebut mendapat apresiasi dari stakeholder melalui penghargaan The Best GRC Overall for Corporate Governance & Performance 2021 kategori Manufacturing Industry dan The Best CEO untuk Dwi Satriyo Annurogo dalam ajang GRC & Performance Excellence Award 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan penerimaannya diwakili oleh Direktur Keuangan & Umum , Budi Wahju Soesilo.

"Penerapan GCG, Manajemen Risiko dan Manajemen Kepatuhan tidak hanya sebagai upaya untuk menjadi perusahaan unggul, tapi juga sebagai langkah memberikan perlindungan bagi konsumen," papar Dwi Satriyo.

Tahun 2021, telah melaksanakan penilaian atas implementasi GCG yang berbasis pada Keputusan Menteri BUMN SK-16/S.MBU Tahun 2012 tentang Indikator Penilaian dan Evaluasi atas Penerapan GCG dan mendapat skor 93,54 atau meningkat dibandingkan tahun 2020 dengan skor 91,86.

Baca Juga: Di AIGIS 2024, Petrokimia Gresik Raih Apresiasi Industri Hijau dari Menperin

Di bidang Manajemen Risiko, rutin melakukan audit sebagai bagian dari pengelolaan risiko bisnis maupun risiko operasional. Terbaru, melakukan Surveillance Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

Audit itu sangat penting untuk mengetahui peluang-peluang perbaikan pada potensi risiko K3 di perusahaan sedangkan untuk pengelolaan risiko bisnis, secara rutin melaksanakan penilaian Risk Maturity Level (RML) sesuai dengan SNI ISO 31000:2018.

Di bidang Kepatuhan, terbaru berhasil mengantongi perpanjangan Sertifikat Implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001. berkomitmen menjalankan operasional bisnis dengan bersih dari praktik penyuapan melalui disiplin penerapan SMAP.

Baca Juga: PPPI Gelar Deklarasi, Ini Pesan Direktur Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik

Menurut Dwi Satriyo, SMAP ISO 37001 adalah wujud komitmen mengoptimalkan penerapan GCG dalam menjalankan operasional perusahaan dengan prinsip transparansi. Sebab, penerapan sertifikat ini dapat menumbuhkan budaya anti-penyuapan di perusahaan, sehingga menciptakan keunggulan dibandingkan dengan kompetitor.

"Dampak positifnya tidak hanya mengantarkan sebagai perusahaan yang unggul. Tapi, ini juga menjadi komitmen perusahaan dalam upaya melindungi petani," terangnya.

Sementara penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2021 diberikan dengan tujuan untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi. Total terdapat 400 perusahaan yang mengikuti seleksi dalam ajang ini.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Dukung Kemajuan Pertanian di Timor Leste

Integrasi penerapan Governance, Risk and Compliance (GRC) terbukti sangat membantu dalam memenuhi amanah yang diberikan pemerintah dalam menyalurkan pupuk bersubsidi yang jumlahnya lebih dari separuh total alokasi pupuk bersubsidi yang disiapkan pemerintah untuk petani di tanah air. "Selain menjadi tolok ukur kinerja baik bagi , penghargaan ini juga menjadi motivasi untuk memberikan yang lebih baik lagi bagi pertanian di Indonesia," tutup Dwi Satriyo. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO