Hari Jalan 2021, Pemkab Kediri Sabet Juara dari Kementerian PUPR

Hari Jalan 2021, Pemkab Kediri Sabet Juara dari Kementerian PUPR Bupati Kediri Hanindito Himawan Pramono dan Penghargaan yang diterima dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam rangka Hari Jalan 2021. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kebijakan Bupati di tahun pertama kepemimpinannya dalam memprioritaskan pembangunan infrastruktur, khususnya jalan, mendapat apresiasi pemerintah pusat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mendapatkan penghargaan sebagai juara dua kategori pemerintah kabupaten atas kinerja pemerintah daerah bidang kebinamargaan dalam penyelenggaraan jalan.

Baca Juga: Satgas TMMD 122 Terus Kebut Rehab RTLH di Kediri

Penghargaan diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam rangka 2021.

Atas penghargaan yang diterima, Pemkab menerima reward berupa program pembangunan jembatan gantung senilai kurang lebih Rp 6 miliar.

Bupati Hanindhito berharap, penghargaan yang diterima dapat dijadikan sebagai penyemangat untuk menjaga infrastruktur jalan di Kabupaten supaya lebih baik.

Baca Juga: Dengar Berbagai Masukkan, Cagub Risma Sapa Ribuan Warga Kediri di Kawasan SLG

"Alhamdulilah, Kabupaten mendapatkan penghargaan juara dua. Artinya, Pemerintah Kabupaten punya komitmen serius untuk membangun infrastruktur serta menyelesaikan persoalan kerusakan jalan," kata bupati yang akrab dengan sapaan ini.

Pemkab dalam kepemimpinan Hainindhito telah memenuhi beberapa komponen yang menjadi indikator penilaian. Dalam penyediaan informasi publik misalnya, Dhito berinovasi dengan meluncurkan aplikasi Halo Mas Bup. Aplikasi ini merupakan sistem laporan yang dibuat untuk memudahkan masyarakat Kabupaten berkomunikasi dengan pemerintah.

Halo Mas Bup merupakan salah satu komitmen Pemkab untuk melayani masyarakat. Dengan hadirnya sistem ini, diharapkan setiap suara masyarakat Kabupaten bisa didengar dan ditindaklanjuti. Termasuk keluhan terkait kondisi infrastruktur jalan di daerah.

Baca Juga: Satgas TMMD dan Pemkab Kediri Gelar Penyuluhan Pencegahan Stunting dan Layanan KB

Dalam pembangunan infrastruktur jalan itu, yang pertama dilakukan yakni mengklasifikasikan jalan berdasarkan tingkat kerusakannya. Masing-masing kategori rusak berat, sedang, dan ringan sesuai dengan klasifikasi yang ditentukan dari Direktorat Jenderal Bina Marga.

Keseluruhan di awal 2021, kata Dhito, ada 361 ruas jalan di Kabupaten yang mengalami kerusakan. Bahkan di daerah Gedangsewu, Plosoklaten, kerusakannya cukup parah hingga disebut orang sebagai jeglongan sewu. Namun, kini jalan itu sudah selesai diperbaiki dengan kontruksi cor beton.

Selain ruas jalan di Gedangsewu, perbaikan jalan terus dilakukan dibeberapa titik lain secara bertahap.

Baca Juga: Inacraft 2024, Pemkab Kediri Angkat Karya Anak Muda

"Sekarang hampir 50 persen sudah kita tuntaskan. Komitmen Pemerintah Kabupaten (dengan penghargaan yang diterima) ke depannya harus bisa mempertahankan. Bahkan saya berharap bisa meningkatkan prestasinya," bebernya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kabupaten Irwan Chandra secara terpisah menyampaikan, proses perbaikan jalan yang mengalami kerusakan terus dilakukan. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten tahun 2021-2026, Dinas PUPR ditargetkan supaya dapat menjaga jalan dalam kondisi baik 89 sampai 90 persen.

"Tahun 2021 banyak ruas jalan yang kita stabilkan kondisinya menjadi lebih baik. Setiap tahun kita memang selalu survei kondisi jalan, hasil survei itu kami ranking, mana yang segera harus kita tangani," kata Irwan Chandra, Kamis (23/12).

Baca Juga: Serah Terima Kirab Pataka 2024, Pemkab Kediri Maknai Semangat Kebersamaan Warga Jawa Timur

Adapun besaran anggaran untuk infrastruktur jalan, sesuai yang ditetapkan dalam RPJMD, terkecuali bila ada anggaran tambahan dari pemerintah pusat. Pun demikian pada tahun 2021, anggaran kurang lebih Rp 184 miliar.

Terkait reward program pembangunan jembatan gantung senilai kurang lebih Rp 6 miliar yang diterima, menurut Irwan, akan ditindaklanjuti dengan melakukan survei lapangan.

"Sudah ada beberapa lokasi yang nantinya akan diusulkan kepada untuk ditentukan lokasi pembangunan jembatan gantung itu," ungkap Irwan. (uji/ian)

Baca Juga: Pjs Bupati Kediri Ingatkan ASN Jaga Netralitas di Pilkada 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO