5 Simpatisan Putra Kiai Jombang Ditetapkan Tersangka, 318 Dipulangkan

5 Simpatisan Putra Kiai Jombang Ditetapkan Tersangka, 318 Dipulangkan Kasatreskrim Polres Jombang, AKP Giadi Nugraha, saat konferensi pers terkait penangkapan MSAT.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Polres memulangkan ratusan simpatisan dan relawan yang diamankan saat proses penjemputan paksa M Subchi Azal Tsani (MSAT), putra kiai yang terjerat kasus pencabulan dari Ponpes , Ploso, Jumat (7/7/2022). Dari total 323 simpatisan yang dipulangkan, 5 di antaranya ditetapkan sebagai tersangka.

"Ada lima orang yang ditetapkan sebagai tersangka, dan kami tahan mulai hari ini. Lainnya kita pulangkan. Sebelum dipulangkan kita lakukan pemeriksaan kesehatan dulu dan diberikan pengarahan," kata Kasatreskrim Polres , AKP Giadi Nugraha, Jumat (8/7/2022).

Baca Juga: Bobol Rumah Kosong di Jombang, Residivis Asal Kediri Diringkus Polisi

Ia mengungkapkan, mereka yang ditetapkan sebagai tersangka lantaran menghalangi polisi dalam mencari keberadaan MSAT.

"Barang siapa yang menghalangi, merintangi atau menyembunyikan tersangka maupun terdakwa, yakni dalam penyidikan atau dalam penuntutan dapat dikenakan ancaman hukuman pidana 5 tahun," ungkapnya.

Baca Juga: Si Jago Merah Lalap Rumah di Jombang

Ia menuturkan, dari 323 simpatisan yang diamankan terdapat puluhan yang masih anak-anak. Untuk itu, pihaknya melibatkan petugas dari dinas perlindungan anak.

"Kita dapati pergerakan di Ploso yang usianya di bawah umur. Maka dari itu kita libatkan dari dinas perlindungan anak, dan kami panggil orangtua yang bersangkutan," tuturnya.

Ia merinci, ratusan orang tersebut hanya sekitar 68 yang dari , sisanya dari luar , mulai beberapa daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera, hingga Kalimantan. Sedangkan 5 orang yang ditetapkan sebagai tersangka dijerat dengan Pasal 19 Undang-undang TPKS Tahun 2022.

Baca Juga: Satresnarkoba Polres Jombang Ringkus 2 Penjual Sabu ke Sopir Truk

"Yang pertama adalah saudara DD. Dia menabrak Kasubdit Jatanras, kemudian menabrak anggota lantas, di Flyover Ploso. Saat ini masih dilakukan pemeriksaan intensif," ujarnya.

Sedangkan 4 orang lainnya adalah murid MSAT, dan diamankan karena menghalangi polisi. Hingga saat ini, polisi masih terus melakukan pengembangan dan pemeriksaan terhadap sejumlah murid dan simpatisan putra kiai dari itu.

"Ada yang menyiram kasatreskrim dengan air panas. Kemudian merintangi anggota yang sedang menjalankan tugas penangkapan," ucap Giadi. (aan/mar)

Baca Juga: Diduga Mengantuk, Truk Ayam Tabrak Tronton di Jombang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO