Dapat Rekomendasi Kemenpan RB, Pemkot Mojokerto Studi Tiru ke Pemkot Kediri

Dapat Rekomendasi Kemenpan RB, Pemkot Mojokerto Studi Tiru ke Pemkot Kediri Kepala Diskominfo Kota Mojokerto, Santi Ratnaning Tias, saat menerima cendera mata dari Kepala Diskominfo Kota Kediri, Apip Permana. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot Mojokerto bertandang ke Kota untuk melakukan studi tiru tentang aplikasi Sistem Informasi Eksekutif (SIE) dan Sistem Pengelolaan Pelayanan Pengaduan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR) berdasarkan hasil rekomendasi Kemenpan RB, Kamis (23/2/2023).

Dalam kunjungan tersebut, rombongan dari Pemkot menerima rombongan Pemkot Mojokerto di Ruang Command Center. Rombongan dipimpin langsung oleh Santi Ratnaning Tias, Kepala dengan didampingi 5 stafnya di bidang pengelolaan aduan atau SP4N LAPOR.

Baca Juga: Satgas TMMD 122 Terus Kebut Rehab RTLH di Kediri

"Maksud dan tujuan kami singgah di Kota ialah kami berniat untuk belajar lebih jauh dengan Pemerintah Kota tentang aplikasi SIE dan pengelolaan SP4N LAPOR di Kota ," kata Santi mengawali kunjungan.

Menurut dia, Kota dinilai berhasil dalam pengelolaan aduan masyarakat hingga akhirnya dapat menjadi bagian perumusan kebijakan bagi pejabat eksekutif di Kota .

"Kota adalah kota yang mampu mengimplementasikan konsep SP4N LAPOR dalam aspek keberlanjutan dan konektivitas serta dampak layanan pengaduan terbaik di Indonesia, untuk itulah kami memantapkan niat untuk bertandang ke Kota untuk lebih banyak belajar terkait hal tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Dengar Berbagai Masukkan, Cagub Risma Sapa Ribuan Warga Kediri di Kawasan SLG

, lanjut Santi, ingin menggali lebih dalam lagi mengenai layanan pengaduan terkait Sistem Informasi Eksekutif (SIE), di mana Wali Kota dapat memantau secara realtime data dan informasi dari masing-masing OPD, sehingga data tersebut dapat digunakan oleh pimpinan untuk merumuskan kebijakan yang relevan dengan apa yang dibutuhkan masyarakat.

Merespon hal tersebut, Kepala Diskominfo Kota , Apip Permana, menyambut baik etikat dan maksud positif dari Pemkot Mojokerto tersebut. Menurut Apip, momen ini dapat menjadi pemantik sinergi yang baik antara Kota dan Kota Mojokerto.

"Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang disampaikan oleh rekan-rekan dari Pemkot Mojokerto, sehingga memutuskan untuk bertandang ke Kota untuk sharing dan belajar bersama disini tentang pengelolaan aduan masyarakat," tuturnya.

Baca Juga: Gelar Acara Jalan Bareng Sindi, Pemkot Kediri Kenalkan Transportasi Umum pada Anak Disabilitas

Ia juga mengatakan bahwa Pemkot terbuka untuk berbagai informasi terkait dengan program kepada pihak manapun, termasuk Pemerintah Kota Mojokerto.

Terkait dengan mengatasi permasalahan warga agar bisa diambil keputusan cepat oleh pemerintah daerah, Kota membuat sebuah aplikasi sarana pengaduan yang bernama suara warga (SURGA).

"Sejak diluncurkan layanan pengaduan 'SURGA' - Suara Warga pada tahun 2014 lalu, aplikasi tersebut menjadikan OPD-OPD di Pemerintah Kota lebih responsif. Sehingga aduan atau keluhan dari warga dapat segera tertangani dengan efektif dan efisien,"terang Apip.

Baca Juga: Jelajah Wisata Seru di Kota Mojokerto, Pj Wali Kota Jajal Shuttle Bus

Selain itu, lanjut Apip, pihaknya juga menerangkan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah juga kian meningkat. Jika terjadi apapun, warga akan melapor kepada Pemerintah Kota , melalui berbagai kanal pengaduan yang disediakan baik melalui SURGA, media sosial, bahkan call center Whatsapp.

Meski demikian, Apip juga menegaskan bahwa apa yang sudah dibuat dan dikerjakan oleh Pemkot hingga mendapatkan apresiasi ini dulu juga banyak trial and error.

"Dulu juga banyak pihak yang kami ajak diskusi dan alhamdullillah sekarang bisa memberikan manfaat bagi perkembangan Kota ,"tandasnya.

Baca Juga: Kembangkan Kompetensi ASN, Pemkot Kediri Kembali Gelar Harmoni Belajar Seri II

"Kami rasa juga program Pemkot dan Pemkot Mojokerto hampir sama, disini ada SURGA disana ada CURHAT NING ITA. Kami harap sinergi kita dan diskusi kita ini dapat memberikan kebermanfaatkan kepada kita semuanya,"pungkas Apip.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan saling tukar cinderamata mata antara Pemkot dan Pemkot Mojokerto.(uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO