Dukung Perkembangan Otak hingga Jaga Kesehatan Mata, Simak Manfaat Telur Ikan untuk Kesehatan

Dukung Perkembangan Otak hingga Jaga Kesehatan Mata, Simak Manfaat Telur Ikan untuk Kesehatan Dukung Perkembangan Otak hingga Jaga Kesehatan Mata, Simak Manfaat Telur Ikan untuk Kesehatan. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Nutrisi dalam telur ikan berbeda-beda, tergantung pada jenis ikannya. Pada umumnya telur ikan yang biasa dikonsumsi ialah atau capelin, salmon, gurame, dan herring.

Rata-rata dalam 1 sendok makan (15-30 gram) telur ikan mengandung sekitar 40 kalori dan beragam nutrisi, meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin B12, kolin, magnesium, dan selenium.

Baca Juga: Cara Membuat Nagasari Totol, Kue Tradisional yang Populer

Telur iikan juga mengandung asam lemak omega-3 dan asam amino. Bahkan mengonsumsi telur ikan hampir sama dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan yang berkhasiat tinggi.

Dilansir dari Alodokter, berikut untuk kesehatan:

1. Meningkatkan kesehatan otak

Baca Juga: Benarkah Jintan Hitam Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi?

Kandungan asam lemak omega-3 yakni DHA, EPA, dan DPA yang terdapat dalam telur ikan dapat meningkatkan kesehatan otak dan saraf. Asam lemak omega-3 juga dapat mendukung perkembangan dan pembentukan otak anak, memperlambat proses penuaan, penurunan fungsi kognitif pada orang lanjut usia hingga meredakan gejala depresi dan kecemasan pada orang dewasa.

2. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Telur ikan mengandung selenium yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari kerusakan osidatif akibat radikal bebas yang berlebihan. Selain itu, mineral jenis selenium dapat meningkatkan fungsi kelenjar tiroid dan menjaga kesehatan mental.

Baca Juga: Resep Ubi Panggang Keju, Cocok untuk Jaga Kadar Gula Darah

3. Membantu menurunkan berat badan

Kalori yang terkandung dalam telur ikan tergolong rendah, sehingga mengonsumsinya dengan rutin tidak akan menambah berat badan secara signifikan. Selain itu, telur ikan merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi yakni hampir setara dengan 1 telur berukuran besar. Kandungan protein tersebut dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, dan nafsu makan menjadi berkurang.

4. Menjaga kesehatan jantung

Baca Juga: Resep Mi Godog Jawa, Cocok Disantap Malam Hari

Telur ikan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam telur ikan berperan besar dalam proses pembekuan darah, menurunkan kolesterol jahat, melebarakan pembuluh darah, serta mengurangi peradangan dalam tubuh.

Manfaat pada telur ikan ini dapat mengurangi risiko terjadinya aterosklerosis dan hipertensi yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Manfaat tersebut juga dapat meningkatkan kesehatan penderita penyakit jantung.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini 4 Oktober 2024

Asam lemak DHA dan EPA yang terdapat pada telur ikan penting untuk meningkatkan fungsi retina pada anak-anak dan orang dewasa. Selain itu juga baik untuk perkembangan fungsi penglihatan bayi.

Asupan asam lemak omega-3 yang cukup pada telur ikan dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit mata, seperti sindrom mata kering, retinopati diabetik, dan degenerasi makula.

(ans) 

Baca Juga: 7 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO