Usai Dilantik, Pimpinan DPRD Kota Batu Kebut Bentuk Alat Kelengkapan Dewan

Usai Dilantik, Pimpinan DPRD Kota Batu Kebut Bentuk Alat Kelengkapan Dewan Tiga pimpinan DPRD Kota Batu periode 2024-2029

KOTA BATU,BANGSAONLINE.com - Pimpinan kini mulai mempercepat penyusunan (AKD) untuk periode 2024-2029.

Langkah yang diambil usai dilantik ini, guna memastikan fungsi pengawasan dan penganggaran dalam lembaga legislatif dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: Tiga Pimpinan DPRD Kota Batu 2024-2029 Diambil Sumpah dalam Pelantikan

Tiga nama pimpinan yang terpilih dalam struktur adalah Didik Subiyanto dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai Ketua , Punjul Santoso dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Wakil Ketua, dan Ludi Tanarto dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga menjabat sebagai Wakil Ketua. 

Ludi Tanarto, Wakil Ketua II , menyatakan bahwa setelah penetapan para pimpinan, mereka akan segera bekerja maksimal untuk membentuk AKD. 

"Meski tidak ada batas waktu, tetapi sebagai salah satu instrumen , AKD harus segera dibentuk agar fungsi pengawasan dan fungsi penganggaran dapat berjalan secara maksimal," ujarnya.

Baca Juga: Pimpinan DPRD Kota Batu Definitif Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Punjul Santoso, Wakil Ketua 1 , menegaskan pentingnya pembentukan AKD dilakukan secara cepat, agar dapat segera bekerja dalam menyusun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2025. 

“Agar tugas bisa berjalan dengan cepat untuk menjalankan seluruh tugas dan fungsinya, maka dari itu kami ingin percepat penyusunan AKD. Senin ini (21/10/2024) kita akan membahas bersama dengan anggota .” kata dia

Setelah terbentuknya pimpinan yang ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Timur, Punjul menjelaskan bahwa langkah selanjutnya adalah membentuk Badan Musyawarah (Banmus), komisi-komisi, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Badan Anggaran, Badan Kehormatan, dan Panitia Khusus. 

Baca Juga: Pj Aries dan Jajaran Ziarah ke Makam Eddy Rumpoko, Kenang Kontribusinya untuk Kota Batu

“Alat kelengkapan Dewan, kita akan membentuk Banmus sebagai cikal bakal ke depan, kemudian kita akan membentuk Komisi A, B, dan C, setelah itu kita membahas Bapemperda dan Badan Anggaran,” tambahnya.

Sebagai mantan Wakil Wali , Punjul Santoso menyebut dengan pembentukan AKD yang cepat dan efektif, diharapkan dapat bekerja lebih optimal dalam merencanakan dan melaksanakan program-program pembangunan daerah, serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Ketua kota Batu Didik Subiyanto juga meminta doa dan dukungan kepada masyarakat agar AKD segera terbentuk untuk bersama-sama membawa kota Batu menjadi lebih baik, masyarakat sejahtera. (adi/van)

Baca Juga: Penembak Tukang Bakso di Depan Kantor Kelurahan Temas Ditangkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO