Ribuan Warga Banjiri "Ajelen Asareng Gus Ipul" yang Digelar GP Ansor Situbondo

Ribuan Warga Banjiri "Ajelen Asareng Gus Ipul" yang Digelar GP Ansor Situbondo Ketua Ansor Situbondo, Yogi Kripsian Sah (pakai kaos Ansor paling kanan) di barisan depan jalan santai "Ajelen Asareng Gus Ipul". foto: mursidi/Ansor Situbondo

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Ribuan peserta membanjiri Alun-alun Situbondo dalam acara jalan santai dengan tema "Ajelen Asareng Gus Ipul" yang digelar PC GP sebagai puncak rangkaian acara memperingati Harlah GP Ansor ke 82, pagi tadi (28/5).

Selain jalan santai, di saat bersamaan GP Asor Situbondo juga melakukan donor darah dan berhasil mengumpulkan 100 kantong darah lebih.

Baca Juga: GP Ansor Ingatkan Hanan Attaki Tidak Paksakan Kehendak Datang ke Situbondo

Sebelumnya, dalam rangkaian acara memperingati harlah ini sudah dilakukan Haul para masyaikh NU, bersih-bersih lingkungan dan acara pelantikan PC GP yang dilanjutkan pengajian oleh KH.R. Kholil As'ad Syamsul Arifin.

Informasi yang dihimpun, acara jalan santai ini diikuti oleh ribuan peserta dari seluruh lapisan masyarakat, seperti forum komunikasi daerah (Forkopimda), pegawai pemerintahan, Keluarga besar PC NU, Lajnah dan Banom, serta ribuan warga Situbondo.

Sebelum melakukan jalan santai, terlebih dahulu dilakukan senam sehat yang dipandu oleh pemandu senam profesional.

Baca Juga: GP Ansor Desak Bupati Situbondo untuk Copot Kepala BKPSDM

Setelah melakukan senam, para peserta langsung diberangkatkan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Situbondo, karena Gus Ipul berhalangan hadir.

Meskipun Gus Ipul berhalangan hadir, karena di waktu yang bersamaan ada acara di tempat lain, namun hal itu tidak mengurangi kemeriahan acara ini. Sebab, Gus Ipul sempat menyapa ribuan peserta yang membanjiri Alun-alun Situbondo melalui sambungan telepon selulernya.

"Saya mohon maaf berhalangan hadir, kepada seluruh masyarakat Situbondo, utamanya kepada Hadaratus Syeikh KH.R. Kholil As'ad Syamsul Arifin, para Masyaikh, Habaib dan keluarga besar PC GP , karena di waktu yang sama harus menghadiri acara makan bareng lansia untuk mendapatkan rekor muri yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Jatim," kata Gus Ipul dari telepon seluler yang langsung diperdengarkan kepada ribuan peserta melalui sound sistem yang disediakan panitia.

Baca Juga: Tingkatkan Kerja Sama, Bawaslu Situbondo Teken MoU dengan OKP di Internal NU

Setelah disapa oleh Gus Ipul, ribuan peserta diberangkatkan dengan pembukaan ummul kitab dan pembacaan Sholawat Nariyah. Mereka menyusuri Jalan Kartini, PB Sudirman, Madura, Diponegoro dan finish kembali di Jalan Kartini Alun-alun Situbondo.

Setelah jalan santai, tiba saatnya bagi-bagi hadiah. Namun, sebelum membacakan undian utama berupa sepeda motor, terlebih dahulu forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), PCNU, dan Ketua GP diberi kesempatan untuk naik ke atas panggung.

Dalam sambutannya Ketua PC GP , Yogi Kripsian Sah mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membatu dan berpartisipasi suksesnya acara.

Baca Juga: Demi Efektivitas Kinerja, Ketua GP Ansor Bela Pemkab Situbondo Beli 3 Mobdin Baru Senilai Rp 1,3 M

Yogi, sapaan akrab ketua GP yang baru dua hari lalu selesai dilantik ini dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam kepengurusan yang dipimpinnya nanti akan fokus pada 3 program, yakni kaderisasi, penertiban organisasi dan pemberdayaan ekonomi kader.

“Banyak faham radikal masuk, terutama di basis-basis NU karena kurang dan lemahnya kaderisasi di internal kita. Makanya kita akan perkuat kaderisasi, ideologisasi ke depannya, terutama juga akan memperkuat seluruh kader di bidang ekonominya”, tegasnya.

Selain itu, ia juga sedikit menyinggung fenomena yang sedang trend di kalangan anak muda, yaitu narkoba dan seks bebas serta radikalisasi yang semakin subur di Indonesia. Terkait dengan radikalisasi, kata Yogi, Ansor pada hakikatnya bangsa Indonesia sudah didirikan atas dasar syariah yang telah diajarkan agama islam, khususnya islam ahlussunnah wal jamaah annahdliyyah. Sehingga, tidak perlu diusik-usik lagi. Pancasila dan NKRI harus dijaga, karena rumusan dan nilai-nilai pancasila sudah final dan NKRI merupakan harga mati bagi Ansor.

Baca Juga: Support Paramedis, Ansor dan Pemuda Muhammadiyah Situbondo Bagikan Bunga

"Kami ingatkan jangan coba-coba melakukan gerakan-gerakan yang akan merongrong disintegrasi bangsa. Saya pastikan kalau ada yang begitu-begitu, Gerakan Pemuda Ansor akan menjadi garda terdepan untuk melawan mereka," tegas jebolan IPDN ini.

Setelah sambutan dari Ketua PC GP , langsung dilakukan pengundian pertama berupa hadiah utama berupa sepeda motor pemberian dari Gus Ipul (sapaan akrab dari Syaifullah Yusuf). Saat diundi hadiah utama yang pertama ini dimenangkan oleh warga Desa Olean, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo.

Tidak hanya dua buah sepeda motor, namun PC GP Ansor juga menghujani ribuan peserta Ajelen Sareng Gus Ipul dengan hadiah hiburan lainnya. Hadiah tersebut berupa sepeda gunung, lemari es, televisi, kipas angin, rice cooker, dispenser, setrika listrik, Handphone, dan ratusan hadiah hiburan lainnya. (stb1/had/adv)

Baca Juga: Ansor Situbondo Gelar Puncak HSN Dengan Sholawat, Ribuan Kaum Millenial Banjiri Lapangan Eks 514

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO