Risma: Surabaya Salah Apa Kok Dihina, Pak Ahok Incumbent, Tak perlu Takut

Risma: Surabaya Salah Apa Kok Dihina, Pak Ahok Incumbent, Tak perlu Takut Tri Rismaharini. foto: konfrontasi.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama () yang cenderung meremehkan prestasi Wali Kotamadia Surabaya Tri Rismahari berbuntut panjang. Risma – panggilan akrab Tri Rismahari ini – langsung menggelar jumpa pers menjawab ejekan .

”Kenapa Pak nyerang-nyerang Surabaya terus. Surabaya salah apa kepada Pak ,” kata Risma dengan wajah ekspresif di Balai Kota Surabaya, Kamis (11/8).

Baca Juga: Cawe-Cawe Jokowi Jilid II, Disebut Jegal Anies dalam Pilgub DKI 2024

Ia mengaku heran kenapa menghina Surabaya terus. Padahal, tegas Risma, dirinya sudah berkali-kali menegaskan bahwa dirinya lebih memilih mimpin Surabaya ketimbang maju dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017. Tapi kenapa menghina kota Surabaya.

”Pak kan incumbent. Incumbent itu tak perlu takut kalau kerjanya baik,” katanya. Ia mencontohkan dirinya dalam pemilihan wali kota periode kedua. ”Saya malah diundang warga. Gambar-gambar bukan saya yang buat,” katanya. 

Artinya, kalau kinerja kepala daerah itu baik, menurut Risma, maka tak perlu memaksa warga untuk memilih karena warga akan mendukung dengan sendirinya. Risma mengaku sengaja menggelar jumpa pers mendadak karena khawatir warga Surabaya marah. Karena itu ia minta warga Surabaya tak terpancing oleh pernyataan . ”Kita ini kan bersaudara,” kata Risma. ”Warga Surabaya kan banyak juga di Jakarta,” katanya.

Baca Juga: Kehilangan 9 Kursi DPRD DKI Gegara Musuhi Anies, PDIP Bakal Dukung Anies dalam Pilgub DKI?

Ia juga meluruskan pernyataan yang menyebut Surabaya hanya seluas Jakarta Selatan. Menurut Risma, Surabaya itu separuh kota Jakarta. "Saya ini selalu bicara dengan data," katanya. Luas Jakarta 661.5 Km2 sedangkan Surabaya 374,8 Km2.

"Dan saya ini hanya seorang wali kota," katanya. Sedang , menurut Rsima, seorang Gubernur yang dibantu 5 wali kota dan 1 bupati. Anggaran kota Surabaya, kata Risma, juga jauh lebih kecil dibanding kota Jakarta. APBD Surabaya Rp 7 triliun sedang APBD Jakarta Rp 64 triliun.

(BACA: Serang Risma, PDIP Sebut Mainkan Strategi Pemasaran

Baca Juga: Politikus PDI Perjuangan Ungkap Alasan Ahok Layak Maju di Pilgub Sumut 2024

Seperti ramai diberitakan, menyerang Risma dengan menyatakan bahwa dirinya merasa tertantang untuk berdebat dengan calon-calon gubernur lawan-lawan politiknya. Ia bahkan menyinggung materi debat misalnya tentang keberhasilan Risma dalam membangun trotoar.

"Nah, itu persaingan yang sehat, kita akan jelaskan kepada masyarakat, Surabaya itu cuma (seluas) Jakarta Selatan. Kalau Jakarta ini bukan cuma Jakarta Selatan. Ada Utara, Pusat, Timur, dan Barat, itu beda gitu lho," ujar .

pun menginginkan para kepala daerah lain dapat mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Sehingga, ajang pemilihan orang nomor satu di DKI Jakarta itu bisa diikuti oleh orang yang teruji, dan persaingannya lebih mengedepankan adu gagasan dan program.

Baca Juga: Viral Ahok Bilang Jokowi dan Gibran Tak Bisa Kerja, PAN pun Bereaksi

"Dari dulu aku demen banyak orang bagus yang ikut (Pilkada). Kalau ada gubernur yang lebih baik yaa aku pensiun, enak juga kan," tukas . (ma)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO