Paguyuban Pencak Silat Singgahan Resmi Dikukuhkan

Paguyuban Pencak Silat Singgahan Resmi Dikukuhkan

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Paguyuban lintas perguruan pencak silat se-kecamatan Singgahan resmi dikukuhkan di lapangan Kecamatan setempat, Selasa (23/5).

Paguyuban ini beranggotakan 8 perguruan pencak silat yang ada di Singgahan. Yakni PSHT, PSH, IKSPI Kera Sakti, Pagar Nusa (PN), Persinas Asad, Pencak Organisasi, Marga Luyu 151, dan PRSH.

Baca Juga: Polres Tuban Tetapkan 6 Tersangka Pengeroyokan Dua Sejoli di Desa Sumberagung

Camat Singgahan Moch. Dani Ramdani mengatakan bahwa paguyuban ini dibentuk untuk menyatukan perguruan-perguruan pencak silat yang ada di Singgahan. Sehingga, diharapkan dengan adanya paguyuban ini, konflik antar perguruan silat yang mengatasnamakan perguruan bisa diminalisir atau dicegah.

"Dengan diresmikan paguyuban pencak silat, nantinya dapat menjadi wadah pemersatu bangsa. Sebab, di dalamnya juga terkandung nilai sosial kemasyarakatan, spiritual, dan menjaga ketentraman dan keamanan di masyarakat, sehinggan," katanya.

"Sebagai warisan seni dan budaya leluhur, pencak silat tumbuh pesat sejak zaman perintis kemerdekaan. Pencak silat menjadi barometer untuk melawan penjajah," lanjut Dani.

Baca Juga: Viral Video Pengeroyokan oleh Oknum Perguruan Silat Diduga Dicueki Polisi, ini Kata Kapolres Tuban

Sementara Ketua Paguyuban, Susanto mengatakan, pengukuhan ini merupakan momentum untuk membuat perguruan pencak silat lebih guyub dan rukun.

"Tidak perlu konflik personal antar organisasi. Paguyuban harus berperan aktif untuk meredam konflik, agar permasalahan tidak melebar ke ranah masyarakat umum. Kami akan melakukan hal yang terbaik untuk menjalankan roda paguyuban ini, seperti apa yang telah diamanatkan dalam pengukuhan," katanya

Samsul mengimbau kepada seluruh pendekar yang ada di Singgahan untuk turut serta aktif dalam menciptakan rasa aman dan tentram, serta dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.

Baca Juga: Puluhan Tugu Pencak Silat di Tuban Segera Dibongkar

"Ke depan paguyuban dapat menjaring atlet atlet junior pencak silat di Singgahan untuk turut serta dalam kejuaraan pencak silat yang diadakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban, atau Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) sebagai induk cabang olahraga pencak silat," pungkasnya. (ahm/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO