Sowan ke Kiai-Kiai NU, Wasekjen PDIP Temui KH. Mutawakil Minta Masukan Terkait Pilgub Jatim

Sowan ke Kiai-Kiai NU, Wasekjen PDIP Temui KH. Mutawakil Minta Masukan Terkait Pilgub Jatim Ahmad Basarah saat berkunjung ke Ponpes Genggong dan bertemu kiai NU. Ia diberi amplop oleh Kiai Mutawakil.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Wakil Sekertaris Jendral (Wasekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ahmad Basarah melakukan roadshow ke sejumlah tokoh-tokoh Nadhlatul Ulama (NU) Jatim. Jum'at (8/9) sekitar jam 14.00 siang, rombongan Ahmad Basarah bersama pengurus partai berlambang moncong putih itu melakukan silaturahim di Ponpes Zainul Hasan, Genggong, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Rombongan Ahmad Basarah itu, bertemu langsung dengan Pengasuh Ponpes setempat yang juga Ketua PWNU Jatim, KH. Mutawakkil Allallah. Tak hanya ditemui Kiai Mutawakil, rombongan yang merupakan utusan Megawati Soekarno Putri itu juga bertemu dengan sejumlah kiai yang ada di Probolinggo. Mulai dari KH. Saiful Islam, KH. Ahmad Haris putra dari Ning Susilowati atau ning Sus, serta sejumlah puluhan kiai Probolinggo lainnya.

Baca Juga: Pekerja MPS Trowulan Kompak Pilih Gubernur yang Full Senyum

Pertemuan dengan tokoh NU dan kiai-kiai itu sendiri terlihat cukup gayeng. KH. Mutawakil tampak mengucapkan selamat datang kepada Ahmad Basarah yang juga anggota DPR RI dari PDI-P di kediamannya sendiri. Para kiai NU, memberikan masukan kepada Ahmad Basarah untuk disampaikan langsung kepada Megawati.

Pesan khusus acara silaturahmi Ahmad Basarah itu yakni meminta masukan sejumlah kiai NU untuk menghadapi Pemilihan Gubenur Jatim mendatang.

Menariknya, Kiai Mutawakil memberikan amplop putih besar kepada Ahmad Basarah. Menurut Putra pertama Kiai Hasan Syaifurrizal ini, dalam amplop itu berisi tulisan tangan dirinya yang mengaku merupakan suara hati para kiai NU. Dia juga meminta agar amplop itu diberikan langsung kepada Megawati Soekarno Putri.

Baca Juga: Rapat Konsolidasi Tim Pemenangan Pilgub Jatim, Khofifah Tekankan Politik Santun

"Ini tulisan tangan saya langsung. Insya Allah ini suara hati dan keinginan para kiai NU. Itu suara perwakilan hati saya kepada Ibu Mega," ujar Kiai Mutawakil usai memberikan amplop itu kepada Ahmad Basarah.

Saat ditanya, apa saja isi dari tulisan tangan itu, lagi-lagi Kiai Mutawakil mengatakan jika itu suara pribadi dirinya. Namun, dirinya mengaku bahwa pertemuan itu juga mewakili kiai-kiai di Jawa Timur.

Dirinya mengapresiasi karena telah mengutus Wasekjen-nya untuk menemui kiai-kiai NU dan mendengarkan langsung apa yang menjadi aspirasi para kiai. "Kami tadi sudah mendengarkan pesan-pesan dari Ibu Mega melalui pak Ahmad Basarah tadi. Ada dua pesan yang disampaikan tadi, yakni pertama, pesan umum menyangkut tentang kepentingan bangsa dan negara, bahwa penyangga negara itu tidak ringan, maka dibutuhkan kekuatan politik dan kultur yang di antaranya realisasinya merajut kembali sinergi antara nasional dan religius yakni bertawasul kepada para kiai.

Baca Juga: Dicurhati Pedagang Wonokromo, Khofifah: Pasar Tradisional Harus Tersentuh Digitalisasi

Dan kedua, ada pesan-pesan khusus yakni terkait dengan Pilgub. "Tadi saya sampaikan dari 48 cabang NU di Jatim, telah sepakat untuk mewujudkan calon tunggal, yakni Gus Ipul untuk menjadi calon Gubenur Jawa Timur. Untuk itu, kami berharap agar ibu Megawati merekom Gus Ipul sebagai Cabup Jatim. Untuk wakilnya, kami serahkan langsung kepada Ibu Mega untuk memilihnya," tegasnya.

Ahmad Basarah, wakil Sekjen DPP , mengaku ditugaskan khusus oleh Megawati untuk menyerap aspirasi ulama. NU dan Soekarno punyai hubungan dekat. "Demikian pula dan NU, punya hubungan erat. Kami ke sini juga minta pendapat kiai, siapa yang pas untuk mendampingi Gus Ipul," katanya.

Meski begitu, menurut Basarah, sudah memiliki pandangan siapa yang akan didorong menjadi Cawagub. "Tapi saya gak bisa sebut nama," katanya. (ndi/rev)

Baca Juga: Doding Rachmadi Jadi Calon Ketua DPRD Trenggalek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kembalikan Formulir Bacabup ke PDIP Situbondo, Rio Patennang Berharap Wakilnya dari PDIP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO