PDIP Juga Dukung Menteri Kabinet Jokowi Lepas Jabatan di Parpol

JAKARTA(BangOnline)Politisi senior PDI Perjuangan Pramono Anung mendukung usulan agar menteri mendatang melepas jabatannya di partai politik. Terpilihnya presiden dan wakil presiden dan JK pertama kali dalam sejarah karena bukan ketua umum atau pengurus partai.

Baca Juga: Bansos Beras Diharapkan Lanjut, Presiden Jokowi Janji Akan Bisiki Prabowo

" memiliki gagasan agar pembantu utamanya juga bisa berposisi sama dengan beliau. Menurut saya ini merupakan tradisi yang luar biasa dan tradisi yang bagus," kata Pramono kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (12/8/2014).

Menurut Pramono, bila usulan disetujui maka menjadi sistem baru dalam demokrasi Indonesia. "Bagaimana orang yang memiliki jabatan eksekutif itu betul-betul dapat meluangkan waktunya untuk pekerjaan itu," sambungnya.

Pramono menuturkan PDI Perjuangan memiliki kader internal yang baik untuk masuk sebagai calon menteri. "Sebetulnya Bu Mega memahami betul kan ada nanti bagian-bagian proporsi partai pendukung dan itu kewenangan sepenuhnya," tuturnya.

Baca Juga: Bersama Presiden Jokowi, Menteri ATR/BPN Peroleh Brevet Kehormatan Hiu

Megawati tak mempersoalkan usulan soal pengurus partai untuk melepaskan jabatan kelak menjadi menteri. Apalagi sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati tidak duduk dalam jajaran eksekutif pemerintahan.

"Maka dengan demikian gagasan itu sungguh luar biasa. Sebagai sebuah gagasan baru di mana juga tidak duduk sebagai pengurus dalam sebuah partai," tuturnya.

Wakil Ketua DPR itu mengatakan, dalam demokrasi modern harus ada pemisahan antara mengurus negara dengan partai politik. "Walau tugas utama di partai politiknya tidak berkurang. Karena kontrol di parlemen dan pemerintahan tetap dijalankan partai politik tersebut," katanya.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Smelter Grade Alumina, Erick Thohir Paparkan Dampak soal Impor Alumnium

Menurut Pramono, merupakan orang pertama sebagai Presiden yang tidak memiliki kontrol secara langsung terhadap partai politik. "Sekarang ini partai politik sudah memiliki stok yang banyak di partai pendukung mapun yang akan bergabung," ungkapnya.

Sumber: Tribunnews.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO