Ketua KPU Bangkalan: Tentukan Pilihan Demi Masa Depan Bangkalan

Ketua KPU Bangkalan: Tentukan Pilihan Demi Masa Depan Bangkalan Rapat koordinasi tiga pilar di gedung Ratu Ebuh.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rapat koordinasi antar stakeholder penguatan tiga pilar di gedung Ratoh Ebuh, menyatakan berkomitmen untuk menyelenggarakan Piljada serentak 2018 sesuai tahapan secara transparan. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Forkompimda, Bupati, Kapoles, Dandim 0829, Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa dan Lurah se- Kabupaten Bangkalan.

Ketua Fauzan Jakfar menegaskan, pihaknya sebagai penyelenggara siap mewujudkan pelaksanaan Pilkada 2018 yang aman dan kondusif, baik pada pelaksanaan Pilgub maupun Pilbup. "Sadar atau tidak, kita yang hadir dalam forum ini adalah penentu terhadap sukses atau tidaknya proses penyelenggaraan pilkada," kara Fauzan.

Baca Juga: 42 Perguruan Pencak Silat se-Bangkalan Deklarasi Dukungan untuk Mathur-Jayus

Namun demikian, menurutnya, hal itu sulit terwujud apabila tidak ada sinergi dan kerja sama dari semua pihak. "Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri, TNI, Kepala Desa dan Lurah harus sana-sama memiliki komitmen untuk mengawal Pilkada Bangkalan dengan sukses dan damai. Penyelenggara di tingkat Kecamatan dan Desa telah terbentuk, yaitu PPK dan TPS, ini merupakan tahapan yang telah selesai kita lakukan," ungkap Fauzan.

Adapun anggaran Pilkada Bangkalan yang tembus di angka 44,1 miliar merupakan anggaran yang sangat luar biasa besar. Pihak Pemerintah Daerah dan anggota DPRD telah memberikan fasilitas budgeting. "Akan menjadi mubazir dan sia-sia apabila kita semua tidak berkomitnen, dan masyarakat yang dirugikan," tegasnya.

Saat ini, tahapan Pilkada telah mencapai 70 persen. Pada bulan ini akan dirampungkan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Fauzan meminta kepada masyarakat melalui Kepala Desa dan Lurah, agar segera mendaftarkan namanya agar tercatat dalam DPT.

Baca Juga: Mathur Husyairi Ajak Paslon Lain Berdemokrasi Tanpa Politik Uang

"Pada saat hari pelaksanaan, warga masyarakat yang tercatat pada DPT akan mendapatkan 2 surat suara. Pertama untuk Pilgub, dan kedua untuk Pilbup," papar Fauzan.

Sekadar informasi, Pilkada serentak 2018 diikuti sebanyak 171 daerah dan kota se-Indonesia. Baik di tingkat Provinsi, Kota, dan Kabupaten. Pilkada ini akan menyelenggarakan Pilgub, Pilwali, dan Pilbup.

Untuk , KPU juga memiliki hajatan debat kandidat yang live di salah satu stasiun TV Jawa Timur. Debat pertama pada tanggak 4 April 2018, debat kedua tanggal 24 April di JTV, dan 4 Mei di stasiun SBO TV.

Baca Juga: Hadiri Deklarasi KPU, Pj Bupati Bangkalan: PNS Boleh Ikut Kampanye, Tapi Dilarang Dukung Paslon

"Bagi masyarakat yang memiliki hak pilih, datanglah ke tempat pemungutan suara pada tanggal 27 Juni 2018. Tentukan pilihan demi masa depan Bangkalan," tutup Fauzan. (bkl2/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO