​Mencurigakan, Daging Ayam Diduga Mengandung Formalin

​Mencurigakan, Daging Ayam Diduga Mengandung Formalin Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar memeriksa daging ayam di sebuah pasar. Foto: Akina Nur Alana/ bangsaonline.com

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dinas Peternakan dan Perikanan bersama petugas Satreskrim Polres , Selasa (22/5) pagi, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) daging ayam potong dan daging sapi di Pasar Kesamben, Kabupaten . Dalam sidak tersebut petugas menemukan adanya penjual menjajakan daging ayam yang dicurigai mengandung zat berbahaya berupa .

"Sidak ini bertujuan untuk memastikan produk hewan yang dikonsumsi warga Kabupaten memenuhi kriteria ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal). Hasilnya ada salah satu pedagang yang menjual daging ayam potong mencurigakan. Diduga mengandung ," papar Kabid Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Imadudin, Selasa (22/5).

Menurut dia, meski dicurigai mengandung , namun pihaknya masih akan melakukan uji laboratorium untuk memastikannya. Petugas mengambil sampel daging ayam dan akan dikirimkan ke Balai Besar Veteriner Jogjakarta untuk diuji laboratorium. "Untuk memastikan kami ambil sampel dan akan kami uji laboratorium," jelas Imadudin.

Sementara, Kanit Pidsus Satreskrim Polres IPTU Heri Purnomo mengatakan, selain mengecek kelaikan daging ayam dan daging sapi, sidak kali ini juga untuk mengecek harga. Agar tidak ada oknum nakal yang menjadikan momen bulan Ramadan untuk mengeruk keuntungan lebih tak sesuai dengan harga pasar. Mengingat memasuki bulan Ramadan tingkat konsumsi daging sapi dan ayam biasanya meningkat. Hal ini biasanya juga dimanfaatkan oknum nakal untuk mencampur daging sapi dengan daging hewan lain seperti daging celeng dan daging hewan yang tak biasa dikonsumsi lainnya.

Diketahui harga daging sapi stabil dikisaran Rp 110.000. Sementara harga daging ayam dikisaran Rp 32.000 hingga Rp 33.000 perkilogram.

"Kami tidak akan segan menindak jika ada pedagang nakal terbukti mencampurkan daging hewan lain yang tak biasa dikonsumsi," tegasnya.

Selain melakukan sidak ke pasar, petugas juga mengecek sejumlah produsen bakso sapi di sekitar Kecamatan Kesamben. Sidak ini bakal dilakukan selama beberapa hari ke depan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten . (ina/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO