Rekom Turun Maksimal 4 September, Mayoritas DPAC PKB Sidoarjo Dukung Mas Iin-Bunda Ainun

Rekom Turun Maksimal 4 September, Mayoritas DPAC PKB Sidoarjo Dukung Mas Iin-Bunda Ainun KONSOLIDASI: Dialog Kaderisasi dan Penguatan Organisasi DPC PKB Sidoarjo, Rabu (2/9) malam. foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hingga kini belum menerbitkan rekomendasi pasangan calon (paslon) yang diusung di Pilbup Sidoarjo 2020. Meski begitu, PKB memastikan bakal mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo di hari terakhir pendaftaran paslon pada Minggu (6/9) mendatang. Diketahui, masa pendaftaran paslon dijadwal pada 4-6 September 2020.

Rencananya, rekomendasi paslon PKB diturunkan paling lambat pada Jumat (4/9). "Ya bisa Jumat, juga bisa Kamis. Kita lihat nantilah," cetus Ketua DPC , Fathan, di acara Dialog Kaderisasi dan Penguatan Organisasi, di Kantor DPC , Perum Puri Erlangga Sidoarjo, Rabu (2/9) malam.

Setelah rekom diterbitkan, PKB bakal mendaftarkan paslon yang diusungnya ke KPU Sidoarjo pada hari Minggu, tanggal 6 September. "Ya kita daftarkan Minggu jam dua (jam dua siang)," imbuh Wakil Ketua DPC , Anik Maslachah saat mendampingi Fathan di acara konsolidasi internal tersebut.

Meski bisa mengusung sendiri mengusung paslon karena memiliki 16 kursi di DPRD Sidoarjo, PKB tetap membuka pintu koalisi dengan parpol lain. "Tetap calon yang direkom DPP (DPP PKB). Artinya koalisi mendukung bareng, bukan koalisi calon," tandas Anik Maslachah yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim.

Dalam forum itu, pengurus DPC juga memberikan kesempatan kepada kalangan DPAC PKB dan MWC NU menyampaikan aspirasi paslon untuk diputuskan DPP PKB. Hasilnya, tiga nama paslon muncul. Pertama, Achmad Amir Aslichin dan Ainun Jariyah (Mas Iin-Bunda Ainun). Kedua, Ahmad Muhdlor Ali dan Subandi (Gus Muhdlor-Subandi). Dan terakhir, Sullamul Hadi Nurmawan dan Mimik Idayana (Gus Wawan-Mimik). 

Nama Mas Iin-Bunda Ainun paling banyak disuarakan. Di antaranya dari Forum DPAC . "Kemampuannya luar biasa. Juga elektabilitasnya. Komunikasi dan kontribusinya kepada partai dan NU sudah jelas," cetus Ketua Forum DPAC , Maksum Zubair. 

Hal senada disampaikan Koordinator Forum MWC NU, Ahmad Chuzaini, yang menyatakan, 18 MWC NU akan memback-up penuh Mas Iin-Bunda Ainun. "Kami sudah datang ke DPP PKB dan PBNU, menyampaikan aspirasi ini," cetusnya.

Sementara itu, munculnya tiga tawaran paslon itu, Fathan mengapresiasi keterbukaan para kader memberikan pandangannya untuk Pilbup Sidoarjo. "Sebagai perwakilan DPP dan ketua DPC baru, malam ini demokratis sekali dan saya apresiasi itu. Kita akan laporkan kepada DPP agar nanti segera diturunkan surat keputusannya,” cetus Fathan.

Fathan yang juga anggota DPR RI Dapil II Jateng ini menyatakan, ketiga nama paslon itu bakal dipertimbangkan dan dicermati DPP PKB. Ada sejumlah variabel pertimbangannya. Diantaranya soal elektabilitas, kapasitas, kapabilitas, jaringan pemilih, kekuatan dukungan PCNU dan PKB, serta organisasi sayap dan banomnya. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO