Target Lebaran Sudah Bisa Dilalui, Bulan Ini Mulai Tender Relokasi Jalan Ambles di Gemaharjo Pacitan

Target Lebaran Sudah Bisa Dilalui, Bulan Ini Mulai Tender Relokasi Jalan Ambles di Gemaharjo Pacitan Kondisi jembatan darurat yang masih diberlakukan buka-tutup. foto: ist

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Penanganan jalan ambles di sepanjang jalur Pacitan-Ponorogo, tepatnya di Km 228 Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Pacitan, sudah memasuki masa pelelangan.

Kasie Pembangunan Jalan dan Jembatan, UPT Pengelolaan Jalan dan Jembatan Pacitan, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Pemprov Jatim, Budi Hari Santoso mengatakan, proses pelelangan atas relokasi jalan ambles sejauh 400 meter tersebut dilaksanakan bulan ini.

"Kurang lebih sekitar satu setengah bulan proses tendernya, yaitu di antara Maret dan April nanti," kata Budi, yang baru saja mengikuti rapat dinas di Pemprov Jatim, Jumat (17/3).

Menurutnya, lokasi pengalihan jalur menyerupai lingkar parabola tersebut sudah melalui beberapa kajian. Bahkan terakhir, tim akademisi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta sudah melakukan survei geologi.

"Saat ini memang baru dilaksanakan perencanaan teknisnya. Namun tak lama lagi, proses tender segera di unggah melalui lembaga pengadaan secara elektronik (LPSE)," jelas pejabat yang demen batu akik ini pada pewarta.

Terkait proses relokasi jalan ambles tersebut, lanjut Budi, Pemprov Jatim melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3,5 miliar pada Perda APBD Pemprov Jatim Tahun Anggaran 2017. Dana tersebut khusus untuk fisik konstruksi jalan. Sedangkan proses pembebasan lahannya sudah dilaksanakan sejak beberapa bulan sebelumnya. 

"Terkait pembebasan lahan sudah kita bayar lunas. Saat ini tinggal menunggu pelaksanaan kegiatan konstruksinya," beber dia.

Dia menargetkan, akses jalan sudah bisa dilalui saat puncak arus mudik-balik lebaran nanti. Sekalipun belum mulus teraspal. Sehingga pemberlakuan buka tutup jalan di atas jembatan darurat berkapasitas 10 ton yang saat ini masih berlangsung, akan dihentikan.

"Paling tidak kendaraan dari dan ke Pacitan sudah bisa lewat, tanpa harus melalui jembatan darurat," tukasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO