​Calon Ketua KNPI Jatim Mengerucut ke Fajar dan Felix

​Calon Ketua KNPI Jatim Mengerucut ke Fajar dan Felix Ketua DPD KNPI Jatim (demisioner), Bleggur Prijanggono (dua dari kanan) saat memberi keterangan pers. Foto: DIDI R/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Calon Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Timur mengerucut pada dua nama, yaitu Ahmad Fajar Ridwan Hisjam (AMPI Jatim) dan Felix Susanto (Karang Taruna Jatim). 

Sementara Ali Affandi yang banyak mendapat dukungan terutama dari Pemuda Pancasila dan Sapma PP, belakangan mundur dari bursa calon ketua. Informasi itu disampaikan Sekretaris (demisioner) DPD KNPI Jatim, Muslich Hasyim.

Baca Juga: Munjidul Ibad Dilantik Jadi Ketua DPD KNPI Kota Kediri Periode 2024-2027

Muslich menjelaskan setiap kandidat harus mengantongi dukungan minimal 20% suara. "Namun semua tergantung pada hasil keputusan Musda. Namun biasanya minimal 20%," imbuh Ketua Relawan Gerakan Sosial (RGS) Jatim itu, Rabu (9/5) malam.

Sementara itu, Fajar Hisjam yang merupakan putra politikus Golkar Ridwan Hisjam diperkirakan mendapat dukungan cukup signifikan. Sedang Felix Susanto yang merupakan Bendahara Karang Taruna Jatim mendapat suara yang tidak kalah besar dari Fajar.

"Mas Felix didukung oleh banyak OKP dan DPD KNPI. Cuma soal jumlah ya kami gak bisa sebut," kata Agus Maimun, Ketua Karang Taruna Jatim yang mendukung Felix.

Baca Juga: Syaiful Anwar Noris Nahkodai KNPI Jatim

Ketua KNPI Jatim yang akan mengakhiri jabatan sebagai ketua KNPI Jatim, Blegur Prijanggono mengatakan pemilihan ketua yang digelar lewat Musda XII KNPI Jatim ini adalah kelanjutan dari Musda yang sudah digelar di Hotel Elmi tahun 2012 lalu, yang memutuskan dirinya sebagai ketua KNPI Jatim. 

Karena itu, jika ada pihak yang menyebut diri mereka DPD KNPI Jatim, dan menggelar Musda, jelas itu tidak sah karena tidak sesuai AD-ART organisasi.

"Secara Hirarki, kami ini memiliki SK Kemenkumham, kalau ada KNPI lain yang juga menggelar Musda itu yang tidak memiliki SK dari Kemenkumham dan tidak sah, Jadi hasil Musda KNPI yang kami gelar hari ini adalah yang sesuai Kemenkumham dan AD-ART organisasi," jelas Blegur.

Baca Juga: Bentuk Tanggung Jawab Moral, GEPI Jatim Minta Plh Sekdaprov Mundur

Senada, Sekretaris Jendral DPP KNPI Ilyas Indra Damarjati menegaskan bahwa sesuai dengan dinamika yang telah terjadi di pusat, kepengurusan DPP KNPI yang dipimpin oleh Fadh El Fouz A Rafiq adalah sesuai AD-ART dan legitimate berdasarkan Keputusan Menkumham. DPP ini merupakan hasil dari Munaslub yang digelar bulan mei 2015 dan mendapat keputusan dari Kemenkumham Februari 2016.

"Secara garis organisasi, kami punya hirarkis yang jelas. Secara aturan kenegaraan undang undang organisasi kemasyarakatan sudah sesuai, karena mendapat pengakuan dari Kemenkumham sejak 2 Pebruari 2018," kata Pria berkaca mata ini.

Apalagi pihaknya dua kali dipercaya mewakili Indonesia menghadiri pertemuan organisiasi kepemudaan tingkat dunia.

Baca Juga: Menpora: Semangat Asian Games Bisa Satukan KNPI

Indra menjelaskan secara aturan organisasi KNPI terbagi dalam dua badan yaitu Majelis Pemuda Indonesia (MPI) yang ketuanya adalah Ketua KNPI demisioner sesuai tingkatan masing masing dan kepengurusan KNPI itu sendiri. Secara aturan organisasi Musda yang menyelenggarakan adalah MPI.

"Nah yang menyelenggarakan Musda itu adalah MPI, kalau Jatim ya Mas Blegur. Kalau ada Musda yang lain yang digelar bukan oleh mas Blegur, itu jelas tidak legitimite," ungkap Indra. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO