Busyro Muqoddas Sebut KPK Lumpuh di Era Jokowi

Busyro Muqoddas Sebut KPK Lumpuh di Era Jokowi Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hukum, HAM dan Hikmah, Dr Busyro Muqoddas usai menghadiri Rapat Kerja Nasional Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Minggu (12/11/2023). Foto: Nugraha Perdana/KOMPAS.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi () menyebut pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lumpuhkan lembaga antirasuah lewat berbagai strategi.

" sekarang ini statusnya sudah dilumpuhkan di era Presiden Jokowi. Bukan hanya dilemahkan," kata Busyro melalui webinar dalam diskusi Senja Kala Penguatan yang diselenggarakan Transparency International Indonesia (TII) di Jakarta, Senin (4/12/2023).

Ia menceritakan saat menjadi komisioner saat pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), bahwa saat itu juga terjadi berbagai upaya melumpuhkan melalui revisi undang-undang.

"Kita lawan dengan adab berbasis kepada kekuatan masyarakat sipil yang solid waktu itu, yang waktu itu bersatu dengan ," ujarnya.

"Akhirnya SBY mundur. Dia mengatakan stop revisi Undang-Undang dan dibuktikan dengan ketegasannya," sambung Busyro.

Ketua Bidang Hukum Pengurus Pusat Muhammadiyah itu menilai, justru dilumpuhkan di era pemerintahan Presiden Jokowi melalui berbagai cara.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO