CNN Indonesia Award 2024, Pj Gubernur Jatim Borong 3 Penghargaan

CNN Indonesia Award 2024, Pj Gubernur Jatim Borong 3 Penghargaan Pj Gubernur Jatim saat memberi sambutan di CNN Indonesia Award 2024.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, memborong 3 penghargaan sekaligus dalam CNN Indonesia Award 2024, Rabu (25/9/2024) malam. Adapun 3 penghargaan tersebut yaitu Best Regional Poverty Reduction dan Outstanding Local Government Governance untuk , dan satu penghargaan lagi yaitu Most Inspiring Leader.

Dua piala penghargaan untuk diberikan oleh Direktur Utama CNN Indonesia, Titin Rosmasari, kepada Pj Gubenur Jatim. Sedangkan untuk penghargaan Most Inspiring Leader diserahkan Chairman sekaligus Pendiri CT Corp, Chairul Tanjung.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim Sebut Piala Kajati Jadi Ajang Tumbuhkan Bibit Atlet Bulu Tangkis

2 penghargaan untuk dinilai karena berhasil menurunkan kemiskinan ekstrem sebesar 3,74 persen poin dalam kurun waktu 2020-2024. Pada 2020, kemiskinan ekstrem Jatim mencapai 4,40 persen atau 1.812.210 jiwa penduduk. 

Sementara per Maret 2024, kemiskinan ekstrem Jatim berada di angka 0,66 persen atau 268.645 jiwa penduduk. Penanggulangan kemiskinan ekstrem di Jatim dilakukan secara komprehensif dan terintegrasi, baik melalui kebijakan makro ekonomi maupun dengan intervensi program.

Di sisi lain, dari capaian kinerja tercatat dari 11 indikator kinerja utama, sebanyak 97,77 persen telah tercapai dan menunjukkan keberhasilan. Selain itu terjadi peningkatan kesejahteraan pendudukan dengan peningkatan pendapatan masyarakat Jatim yang merata.

Baca Juga: Pemkot Mojokerto Raih 2 Penghargaan di CNN Indonesia Award 2024

"Alhamdulillah, kami berterima kasih CNN Indonesia memberikan penghargaan kami," kata Adhy.

Ia menyebut keberhasilan dalam menurunkan angka kemiskinan dan kemiskinan ekstrem merupakan hasil dari sinergi dan kolaborasi berbagai pihak, dan karena berhasil mendesain kebijakan, program dan anggarannya yang on the track sesuai dengan penanganan kemiskinan.

"Terkait bagaimana kami bisa menurunkan kemiskinan ekstrem yang cukup drastis, kalau kita lihat dari 2020 ke 2024, dari 4,4 persen menjadi 0,66 persen itu sesuatu yang luar biasa. Sebetulnya kuncinya adalah sinergi dari semua pihak pemerintah pusat, provinsi, dan Kabupaten Kota," paparnya.

Baca Juga: Cetuskan Program Jaksa Peduli Tanah Wakaf, Kajari Kabupaten Probolinggo Raih Penghargaan

Sementara terkait keberhasilan dalam pengelolaan atau tata kelola pemerintah daerah, Adhy mengungkapkan hal itu juga atas andil dan kerja keras dari banyak pihak. Semua stakeholder dan masyarakat Jawa Timur aware bahwa pembangunan harus terus bergerak dan memberikan dampak kepada masyarakat.

"Kalau kita lihat dari pencapaian berikutnya bagaimana seluruh indikator kinerja pembangunan bisa tercapai," katanya.

Dalam kesempatan ini Adhy juga menyampaikan bahwa Jatim berada pada posisi yang on the track. Pasalnya semua indikator ekonomi makro di Jawa Timur berada pada tren meningkat.

Baca Juga: Terima Dubes Jepang untuk Indonesia, Pj Gubernur Jatim Bahas Pengembangan Kerja Sama

"Jawa Timur dalam keadaan baik-baik saja dan aman-aman saja, inflasi juga sangat terkendali. Sedangkan kemiskinan ekstrem kita juga turun dan turunnya ekstrem sekali," katanya.

Ia menjelaskan pertumbuhan ekonomi Jatim pada triwulan II 2024 tumbuh positif sebesar 4,98% (y-o-y). Selain itu, realisasi investasi di jatim pada triwulan ii tahun 2024 meningkat signifikan sebesar 14,3% (y-o-y).

Baca Juga: Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H, Pj Gubernur Jatim Ajak Teladani Sifat Rasulullah

"Capaian ini berhasil mencatatkan Jatim sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Pulau Jawa," terangnya.

Adhy mengungkapkan per maret 2024, Jatim berhasil mencatatkan sejarah, dimana angka kemiskinannya mencapai satu digit yakni 9,79%. Dan per maret 2024, kemiskinan ekstrem jatim turun signifikan di angka 0,66%.

"Ini adalah capaian yang patut disyukuri dan menjadi motivasi bagi untuk kembali dan terus menurunkan angka tersebut," urainya.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim Kukuhkan 13 Pjs Bupati/Wali Kota dan Serahkan SK Perpanjangan untuk 8 Pj Bupati

Di sisi lain, Adhy menuturkan tahapan pesta demokrasi pilkada serentak di Jatim telah dimulai. Per 25 September tahapan kampanye Pilgub Jatim telah dimulai dan akan berakhir pada 23 November 2024 nanti.

Oleh sebab itu ia meminta dukungan dari semua pihak termasuk peran dari media untuk ikut mengawal rangkaian proses pilkada di Jatim agar bisa berjalan aman, lancar dan kondusif.

"Mari bersama-sama kita menjaga kondusifitas di Jawa Timur, supaya pada Pilkada kali ini bisa menghasilkan kepala daerah yang sesuai dengan hati nurani rakyat," ajaknya.

Baca Juga: Pesan Pj Gubernur Jatim saat Lantik Pj Bupati Pasuruan dan Pj Wali Kota Probolinggo

Lebih lanjut ia mengatakan dukungan dari media dapat dilakukan dengan ikut aktif menangkal berita hoaks, maupun berbagai ujaran kebencian atau hate speech. Serta membantu penyebarluasan informasi atau berita yang valid, aktual dan akuntabel pada masyarakat.

"Peran media sangat besar untuk menangkal hoaks dan hate speech apalagi dalam masa pilkada seperti saat ini," tegasnya.

Secara khusus, Ia menyampaikan selamat kepada seluruh penerima award. Ia berharap penghargaan yang diterima bisa menjadi motivasi dan semangat untuk terus berprestasi dan berinovasi.

Baca Juga: Diperpanjang, Ugas Irwanto Tetap Jadi Pj Bupati Probolinggo

"Selamat kepada seluruh penerima penghargaan CNN Award 2024," ucapnya.

Di akhir, Ia juga menyampaikan apresiasi kepada CNN Indonesia yang telah menggelar awarding di Jawa Timur. Menurutnya ini merupakan bentuk dukungan terhadap Jawa Timur yang mengambil posisi sebagai gerbang nusantara baru. Ia menilai CNN Indonesia jeli memotret keberhasilan pembangunan di Jawa Timur.

"Atas nama pemerintah provinsi Jawa Timur kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada CNN Indonesia, karena telah menyelenggarakan CNN Indonesia award 2024 di Jawa Timur," pungkasnya. (dev/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO